(PM~004) "PRIBADI YANG BERHASIL"

Bacaan Alkitab: Kejadian 45:1-15

Keberhasilan seseorang tidak ditentukan oleh satu faktor, misalnya: intelektualitas atau kemampuan berpikir, kecerdasan dalam bertindak atau mungkin gelar, jabatan, harta atau kekayaan. Mungkin ya, tapi tidak sepenuhnya benar! Banyak orang yang punya harta namun tidak berhasil membangun kehidupan yang lebih baik, punya gelar sarjana, namun tidak mampu memikirkan hal-hal yang paling sederhana sekalipun.

Yusuf adalah seorang Pribadi yang dibentuk karakternya melalui banyak penderitaan, mulai dibenci oleh saudara-saudaranya, dimasukkan ke dalam sumur, dilaporkan sudah mati kepada orang tuanya, dijual ke Mesir, difitnah oleh Istri tuannya dan dimasukkan ke dalam tahanan. Sungguh menyedihkan. Namun jangan salah, dalam penderitaan itu, ia dibentuk menjadi seorang pribadi yang berhasil, karakter yang kuat dan iman yang teguh. Dan pada akhirnya ia tampil sebagai seorang pemimpin yang sukses dan disertai oleh TUHAN.

Ada beberapa kriteria di balik keberhasilan Yusuf. Apa saja kriteria itu?

I. Memiliki Pikiran yang positif. Memandang masalah sebagai sebuah proses untuk suatu kehidupan yang lebih baik (ay. 1-8; 50:20)

II. Memiliki hati yang terbuka dan mengasihi. Menerima orang lain apa adanya, walaupun pernah disakiti dan dikhianati (ay. 9-11)

III. Mengampuni dan melupakan. Menerima orang lain tanpa mengingat kesalahan yang pernah dibuatnya (ay. 14-15)

IV. Berkenan di hati TUHAN. Dipimpin dan disertai oleh TUHAN (kej. 39:21-23)

V. Memiliki Wibawa dan Otoritas Ilahi. Penuh dengan kuasa dan hikmat dari TUHAN (Kej. 41:37)

VI. Tidak kompromi dengan dosa. Taat kepada TUHAN dan berusaha menjaga kekudusan (Kej. 39:7-10)

VII. Berlaku Jujur. Tidak curang dan tidak korupsi (Kej. 47:13-14)


Inilah tujuh kriteria seorang pribadi yang berhasil. Ketujuh kriteria ini ada pada Yusuf, yang telah mengantarkan dia kepada kursi kepemimpinan untuk menjadi penguasa di tanah Mesir serta memberi kehidupan kepada bangsanya sendiri, yaitu bangsa Israel. TUHAN Memberkati.

Amourously Of Christ:
KeTUT MARDIASA

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungan dan dukungan anda. TUHAN Yesus memberkati. Semua Artikel dan Renungan yang ada di blog ini, boleh disalin/ dicopy tanpa ijin. Berikan Komentar dengan sopan dan dukung terus untuk kemuliaan nama TUHAN Yesus Juruselamat kita. Salam Dalam Kasih Kristus.

Contact Form

Name

Email *

Message *