(CDN045) "HIDUP YANG DIPIMPIN OLEH ROH"

Pembacaan Alkitab: Roma 8:12-17


(12) "Jadi, saudara-saudara, kita adalah orang berhutang, tetapi bukan kepada daging, supaya hidup menurut daging. (13) Sebab, jika kamu hidup menurut daging, kamu akan mati; tetapi jika oleh Roh kamu mematikan perbuatan-perbuatan tubuhmu, kamu akan hidup. (14) Semua orang, yang dipimpin Roh Allah, adalah anak Allah. (15) Sebab kamu tidak menerima roh perbudakan yang membuat kamu menjadi takut lagi, tetapi kamu telah menerima Roh yang menjadikan kamu anak Allah. Oleh Roh itu kita berseru: "ya Abba, ya Bapa!" (16) Roh itu bersaksi bersama-sama dengan roh kita, bahwa kita adalah anak-anak Allah. (17) Dan jika kita adalah anak, maka kita juga adalah ahli waris, maksudnya orang-orang yang berhak menerima janji-janji Allah, yang akan menerimanya bersama-sama dengan Kristus, yaitu jika kita menderita bersama-sama dengan Dia, supaya kita juga dipermuliakan bersama-sama dengan Dia".

Hidup yang dipimpin oleh Roh sangat bertentangan dengan hidup yang dikuasai oleh kehendak daging. Jika kita hidup dipimpin oleh Roh, pertama-tama yang harus kita lakukan adalah mematikan perbuatan-perbuatan daging dalam hidup kita (ay. 12-13), dan mengikuti pimpinan kuasa Roh Kudus. Perbuatan daging yang dimaksud adalah semua yang bertentangan dengan keinginan Roh (Gal. 5: 19-21).

Ketika kita masih hidup di dalam kehendak daging, Rasul Paulus menyebut bahwa kita adalah orang-orang berhutang. Yang dimaksud dengan berhutang dalam Bhs Yunaninya adalah Opheiletes yang berarti orang yang berdosa dan orang yang berdosa pasti akan mati (binasa), tetapi jika kita hidup dipimpin oleh Roh, kita akan hidup (ay. 13) dengan banyak keuntungan, yaitu:

1. Kita disebut sebagai anak-anak Allah (ay. 14). Sebagai anak-anak Allah, kita memiliki hak istimewa, yaitu menjadi ahli waris, yaitu janji2 Allah. Kita dimuliakan bersama-sama dengan Kristus (ay. 17).

2. Kita akan menerima pembaharuan roh (ay. 15) kita dibebaskan dari hutang dosa (ay. 12), kita tidak diperhamba oleh roh perbudakan, tetapi TUHAN memberikan Roh yang menjadikan anak-anak Allah (ay. 15).

3. Kita memiliki persekutuan dengan Roh. Roh itu memimpin kita. Dan bersaksi bersama-sama dengan kita bahwa kita adalah anak-anak Allah (ay. 16).

Jika kita mau hidup dipimpin oleh Roh, kita akan menikmati keuntungan-keuntungan ini. Sebaliknya, jika kita hidup dipimpin oleh keinginan-keinginan daging, kita akan tetap hidup sebagai orang yang berdosa, dan kita akan mati.

Masa muda adalah masa yang terlalu banyak pilihan. Tetapi jika kita hidup oleh Roh, maka Roh itu juga yang menolong kita memilih dengan tepat.  Roh akan menolong kita hidup benar sebagai anak-anak Allah. Hiduplah dalam pimpinan Roh Kudus, ijinkan Dia berkuasa atas hidup kita. Amin..!!! TUHAN memberkati.

Amourously Of Christ:
KeTUT MARDIASA

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungan dan dukungan anda. TUHAN Yesus memberkati. Semua Artikel dan Renungan yang ada di blog ini, boleh disalin/ dicopy tanpa ijin. Berikan Komentar dengan sopan dan dukung terus untuk kemuliaan nama TUHAN Yesus Juruselamat kita. Salam Dalam Kasih Kristus.

Contact Form

Name

Email *

Message *