(CDN041) "HIDUP SEBAGAI ANAK-ANAK TERANG: PENUH DENGAN ROH"

Pembacaan Alkitab: Efesus 5:18

"... Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh".

Hidup yang dipenuhi oleh Roh hanya mungkin terjadi, jika kita melepaskan diri dari hawa nafsu duniawi, dan merelakan diri untuk dipimpin dan dikuasai oleh Roh.  Dalam ayat ini, Rasul Paulus berbicara dengan tegas dan keras bahwa, "... Janganlah kamu mabuk oleh anggur,...". Kata "janganlah" merupakan peringatan, larangan atau perintah untuk tidak melakukan. Karena itu hanya menimbulkan hawa nafsu duniawi. Hawa nafsu duniawi adalah dorongan hati untuk melakukan sesuatu yang tidak baik untuk kepuasan diri sendiri. Sebaliknya Rasul Paulus berkata "... Tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh".

Hidup penuh dengan Roh adalah suatu tanda hidup sebagai anak-anak Terang. Hidup penuh dengan Roh artinya hidup yang pimpin, dikuasai dan dicontrol oleh Roh. Perasaan, pikiran, perkataan dan tindakan kita dalam pengendalian Roh, dan Roh akan berperang melawan hawa nafsu supaya ia tidak berkuasa atas hidup kita.

Sekarang bagaimana supaya hidup kita bisa hidup penuh dengan Roh dan menakhlukan hawa nafsu duniawi? Inilah hal-hal yang harus kita lakukan:

1. Hidup dalam pengendalian dan penguasaan diri, supaya tidak dikuasai oleh hawa nafsu. Hidup dalam ketaatan (1 Ptr. 1:14) dan matikan segala sesuatu yang duniawi (Kol. 3:5).

2. Hidup dalam penyerahan diri, takluk kepada pimpinan Roh. Roh itu akan bersatu dengan roh kita (Rm. 8:16), Roh yang membebaskan dan memberi hidup (Rm. 8:13-15).

Roh itu Kudus, Ia tidak dapat bersekutu dengan hawa nafsu duniawi. Supaya kita mengalami pemenuhan Roh, Rasul Paulus menasehatkan kepada kita, jangan lakukan sesuatu yang menjerat kamu kepada hawa nafsu, matikanlah segala sesuatu yang duniawi. Kuasai diri dan hiduplah dalam pimpinan Roh. TUHAN memberkati.

================
Info Renunagn Lainnya:
solagracia2308@yahoo.com.
Pin BB: 2600cd25,  WhatsApp:+6285337460111,  SMS:+6285737008111.
================

Amourously Of Christ:
I KeTUT MARDIASA

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungan dan dukungan anda. TUHAN Yesus memberkati. Semua Artikel dan Renungan yang ada di blog ini, boleh disalin/ dicopy tanpa ijin. Berikan Komentar dengan sopan dan dukung terus untuk kemuliaan nama TUHAN Yesus Juruselamat kita. Salam Dalam Kasih Kristus.

Contact Form

Name

Email *

Message *