(CDN037) "HIDUP SEBAGAI ANAK-ANAK TERANG: CERMAT DAN BIJAKSANA"

Pembacaan Alkitab: Efesus 5:15

 "Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif".

Dalam ayat ini mulai dengan kata "karena itu" itu artinya ayat ini menunjuk kepada ayat-ayat sebelumnya. Paulus ingin mempertegas kembali dengan menyatakan bahwa, sebagai anak-anak Terang, dipanggil untuk hidup dalam terang. Bagaimana kita hidup dalam Terang? Kita sudah dijamu dari beberapa renungan sebelumnya (Renungan Kode CDN030 s/d CDN036).

Hidup yang demikian memang tidak mudah, Rasul Paulus sangat menyadari keadaan itu. Ada rupa-rupa bahaya yang akan mengancam hidup kita, bahaya kuasa-kuasa kegelapan yang mau menyesatkan dan membinasakan kita. Karena itu Rasul Paulus menasehatkan supaya kita hidup lebih waspada dan lebih bijaksana, bukan seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif, "perhatikanlah dengan seksama bagaimana kamu hidup...".

Berdasarkan peringatan  ini, kita dipanggil bukan saja untuk bercahaya, lalu cukup sampai di situ saja, penting bagi kita untuk menjaga dan memelihara agar Terang itu tidak padam melainkan terus bersinar dalam segala keadaan dan situasi. Dan hal ini harus segera disadari, jangan seperti orang bebal, tetapi harus cermat dan bijaksana.

Berdasarkan Efesus 5:15, orang yang cermat dan bijaksana itu adalah:

1. Selalu introspeksi  diri. Pastikan langlah kita benar, berjalan pada jalur yang tepat sesuai dengan kehendak Allah. Allah sudah memberikan hikmat dan pengertian untuk memahami segala keadaan (Ef. 1:8,17; Kol. 1:9).

2. Mampu melihat tanda-tanda atau petunjuk-petunjuk yang TUHAN berikan kepadanya di mana ia berjalan. Memperhatikan dengan jeli, teliti dan cermat bagaimana ia hidup.

"Perhatikanlah dengan seksama/ dengan sangat hati-hati, supaya dapat mengenali tanda-tanda yang ada, supaya langkah dan hidup kita lebih terarah, seperti yang TUHAN kehendaki. Selalu introspeksi diri supaya kita tahu, apakah kita berjalan dan melangkah dengan benar atau tidak. Jadilah orang-orang yang arif, cermat dan bijaksana. TUHAN memberkati.

====================
Info Renungan: Email: solagracia2308@yahoo.com, Pin BB: 2600cd25, WhatsApp: +6285337460111
Aplikasi Android: http://bitly.com/1d4otr8

Amourously Of Christ:
I KeTUT MARDIASA

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungan dan dukungan anda. TUHAN Yesus memberkati. Semua Artikel dan Renungan yang ada di blog ini, boleh disalin/ dicopy tanpa ijin. Berikan Komentar dengan sopan dan dukung terus untuk kemuliaan nama TUHAN Yesus Juruselamat kita. Salam Dalam Kasih Kristus.

Contact Form

Name

Email *

Message *