(CDN020) "TUHAN MENUNTUN UMAT-NYA"

Pembacaan Alkitab: Keluaran 13:21-22

  (21) "TUHAN berjalan di depan mereka, pada siang hari dalam tiang awan untuk menuntun mereka di jalan, dan pada waktu malam dalam tiang api untuk menerangi mereka, sehingga mereka dapat berjalan siang dan malam. (22) Dengan tidak beralih tiang awan itu tetap ada pada siang hari dan tiang api pada waktu malam di depan bangsa itu."

Tiang awan dan tiang api adalah suatu tanda sekaligus sebagai bukti dari pimpinan dan pemeliharaan TUHAN bagi umat-Nya melewati padang gurun menuju ke Tanah Perjanjian. TUHAN membawa bangsa Israel melewati gurun yang gersang dan tidak berair, dimana seakan-akan tidak ada tanda-tanda kehidupan, tidak mungkin rasanya untuk dapat bertahan dan meneruskan perjalanan. Namun TUHAN tidak melepaskan mereka begitu saja, Ia tetap setia memimpin dan memelihara mereka sepanjang perjalanan serta mencukupkan segala kebutuhan mereka melewati masa-masa krisis (bdk. Ul. 29:5).

Dalam perjalanan hidup manusia, TUHAN sering membawa kita melewati masa-masa sulit, di mana kita membutuhkan perjuangan hebat untuk bertahan, tekad keras untuk terus maju, dan komitmen yang bulat pada tujuan akhir kita. Hamparan gurun pasir yang luas dan  belantara yang membentang, mundur berarti gagal, maju terlalu berbaya. Namun disitulah saat-saat yang tepat untuk menguji ketaatan dan keimanan kita kepada TUHAN. Dalam kondisi seperti itu, TUHAN tidak pernah berhenti memimpin kita terus berjalan, sebab tantangan itu bukan akhir dari perjalanan panjang kita tetapi bagian-bagian yang harus kita lewati menuju kepada tujuan akhir yang sebenarnya.
Perhatikan bagaimana TUHAN memimpin bangsa Israel keluar dari perbudakan di Mesir. Israel ditindas 430 tahun lamanya, dan 40 tahun berputar-putar di padang gurun, TUHAN selalu ada saat-saat mereka membutuhkan kekuatan, penghiburan dan bahkan makanan, minuman dan pakaian. Bukti tuntunan, pemeliharaan, pimpinan dan perhatian-Nya adalah:

1. TUHAN dengan penuh kesabaran menuntun mereka dangan tiap awan pada waktu siang dan tiang api pada waktu malam (ay. 21). Ini adalah bukti kehadiran-Nya.

2. TUHAN sekali-kali tidak pernah beranjak untuk meninggalkan mereka. Setia dan penuh kasih (ay. 22; bdk. Ib. 13:5b).

Demikian juga TUHAN menaruh perhatian-Nya kepada kita sampai hari ini, menelurusi liku-liku kehidupan, walaupun sering TUHAN mengijinkan krisis melanda bagaikan berada di belantara yang luas membentang di hadapan kita. Namun TUHAN tetap ada dan akan selalu ada saat-saat kita membutuhkan sentuhan kasih-Nya. TUHAN akan membawa dan menuntun kita kepada tujuan yang sebenarnya. TUhAN memberkati.

Renungan via BBM; 2600cd25, WhatsApp: +6285337460111 dan email: solagracia2308@yahoo.com.

Amourously Of Christ:
KeTUT MARDIASA

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungan dan dukungan anda. TUHAN Yesus memberkati. Semua Artikel dan Renungan yang ada di blog ini, boleh disalin/ dicopy tanpa ijin. Berikan Komentar dengan sopan dan dukung terus untuk kemuliaan nama TUHAN Yesus Juruselamat kita. Salam Dalam Kasih Kristus.

Contact Form

Name

Email *

Message *