(CDN021) “MELANGKAH PASTI, MAJU MENGIKUTI PIMPINAN TUHAN”

Pembacaan Alkitab: Nehemia 9:15-21
 
(15) Telah Kauberikan kepada mereka roti dari langit untuk menghilangkan lapar dan air Kaukeluarkan bagi mereka dari gunung batu untuk melepaskan dahaga. Pula Engkau menyuruh mereka memasuki dan menduduki negeri yang dengan mengangkat sumpah telah Kaujanjikan memberikannya kepada mereka. (16) Tetapi mereka, nenek moyang kami itu, bertindak angkuh dan bersitegang leher dan tidak patuh kepada perintah-perintah-Mu. (17) Mereka menolak untuk patuh dan tidak mengingat perbuatan-perbuatan yang ajaib yang telah Kaubuat di antara mereka. Mereka bersitegang leher malah berkeras kepala untuk kembali ke perbudakan di Mesir. Tetapi Engkaulah Allah yang sudi mengampuni, yang pengasih dan penyayang, yang panjang sabar dan berlimpah kasih setia-Nya. Engkau tidak meninggalkan mereka. (18) Bahkan, ketika mereka membuat anak lembu tuangan dan berkata: 'Inilah Allahmu yang menuntun engkau keluar dari Mesir!', dan berbuat nista yang besar, (19) Engkau tidak meninggalkan mereka di padang gurun karena kasih sayang-Mu yang besar. Tiang awan tidak berpindah dari atas mereka pada siang hari untuk memimpin mereka pada perjalanan, begitu juga tiang api pada malam hari untuk menerangi jalan yang mereka lalui. (20) Dan Engkau memberikan kepada mereka Roh-Mu yang baik untuk mengajar mereka. Juga manna-Mu tidak Kautahan dari mulut mereka dan Engkau memberikan air kepada mereka untuk melepaskan dahaga. (21) Empat puluh tahun lamanya Engkau memberikan mereka makan di padang gurun. Mereka tidak berkekurangan, pakaian mereka tidak rusak, dan kaki mereka tidak bengkak.

Belajar dari sejarah perjalanan bangsa Israel dari Tanah Mesir menuju Tanah Perjanjian sangat menarik dan banyak hal yang dapat kita pelajari. Yang pertama, Allah berkenan untuk memperhatikan penderitaan bangsa Israel dalam perbudakan di Mesir, Allah bertindak untuk membebaskan mereka dengan membawa mereka keluar dari Mesir. Kedua, Allah berkenan menuntun mereka sepanjang perjalanan selama 40 tahun, dan sekali-kali, Allah tidak meninggalkan mereka. Ketiga, Selama 40 tahun itu pula Allah menyediakan makanan dan minuman, di mana seakan-akan tidak ada sesuatu yang bisa diharapkan untuk hidup dan melanjutkan perjalanan. Namun walaupun perhatian Allah sedemikian besar, bangsa Isreal masih tetap memilih ingin kembali ke Mesir (ay. 16-17).

Jika tujuan kita ada di depan, itu artinya kita harus berjalan maju. Mengikuti apa yang TUHAN tunjukkan dan meyakini apa yang TUHAN sudah janjikan. Allah yang kita miliki adalah Allah yang tidak pernah berubah; Allah yang penuh kasih, penyayang, panjang sabar dan
  berlimpah kasih setia (ay. 17b). Allah yang telah membawa bangsa Israel keluar dari tanah Mesir, Allah yang sama juga akan membawa kita menikmati janji-janji-Nya:

1. Allah yang tidak pernah meninggalkan umat-Nya (ay. 17b). Allah yang setia memimpin umat-Nya melangkah menuju kehidupan yang jauh lebih baik (ay. 15b, 19).

2. Allah yang menyediakan segala kebutuhan yang mereka perlukan (ay. 15, 20). Bahkan bukan hanya untuk kebutuhan sesaat, tetapi sepanjang kita membutuhkan (ay. 21a).

3. Allah yang bukan saja tidak meninggalkan, menyediakan semua kebutuhan tetapi juga adalah Allah yang memelihara umat-Nya. Pakaian mereka tidak menjadi rusak, dan kaki mereka tidak menjadi bengkak (ay. 21b).

Karena ketidaksabaran kita, kita sering menolak tuntunan TUHAN yang memimpin kita ke tempat yang lebih baik yang TUHAN sudah siapkan untuk kita. Kita berorientasi ke masa lalu, sementara kita terus berjalan ke depan. Tujuan kita bukan dibelakang melainkan di depan. Mari percaya dan berserah diri kepada TUHAN yang memimpin kita (Mzm. 25:12), Arahkan hati dan pikiran kita kepada-Nya.

Info Renungan Lainnya, silakan download Aplikasi BlackBerry “Christian Devotionals”. Via BBM, silakan invite; 2600CD25, WhatsApp; +6285337460111, via email, silakan kirim email request ke solagracia2308@yahoo.com. TUHAN memberkati.

Amourously Of Christ:
KeTUT MARDIASA

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungan dan dukungan anda. TUHAN Yesus memberkati. Semua Artikel dan Renungan yang ada di blog ini, boleh disalin/ dicopy tanpa ijin. Berikan Komentar dengan sopan dan dukung terus untuk kemuliaan nama TUHAN Yesus Juruselamat kita. Salam Dalam Kasih Kristus.

Contact Form

Name

Email *

Message *