(DV~017) "HIDUP PENUH HIKMAT"

Bacaan Alkitab: Kolose 4:5-6

 (5) "Hiduplah dengan penuh hikmat terhadap orang- orang luar, pergunakanlah waktu yang ada.
(6) Hendaklah kata- katamu senantiasa penuh kasih, jangan hambar, sehingga kamu tahu, bagaimana kamu harus memberi jawab kepada setiap orang"

Hidup di dunia ini menuntut kita, bersikap, berkata dan berbuat dengan penuh hikmat untuk menjawab tantangan dunia yang semakin hari semakin kurang bersahabat. Dunia semakin jahat dan semakin dikuasai oleh orang-orang yang mengganggap diri penting, padahal buahnya adalah kejahatan semata-mata: Kepentingan diri atau kelompok, pembunuhan, pemerkosaan, perampokan dan perbuatan-perbuatan keji lainnya. 

Kita tidak bisa berlari menghindari semua itu, atau bersembunyi di lorong-lorong dan tempat-tempat yang kita rasa aman dan nyaman. Namun kita bisa menaklukkan semuanya itu dengan cara yang diajarkan oleh Firman TUHAN, yaitu hidup dengan penuh hikmat, dan sekaligus untuk menunjukkan identitas dan jati diri kita sebagai umat TUHAN:

1. Menciptakan hubungan yang baik dengan orang lain, khususnya mereka yang tidak mengenal TUHAN (ay. 5a). Sikapi setiap perbedaan dengan bijaksana demi kebersamaan.


2. Manfaatkan setiap kesempatan yang ada. Pergunakan waktu yang ada dengan baik (ay. 5b). Waktu adalah kesempatan, dan kesempatan hari ini tidak akan kembali di hari esok. Maanfaatkan setiap detik untuk berbuat yang baik.


3. Gunakan bahasa-bahasa yang baik dan membangun. Setiap kata yang teruai, setiap kalimat yang teruntai penuh makna dan kasih. (Ay. 6a), untuk membungkamkan mulut orang-orang yang dengan sengaja mencari-cari perkara.


Hikmat memungkinkan kita untuk membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, mana kehendak Allah dan mana kehendak diri atau kehendak manusia. Dengan hikmat kita dapat bertindak lebih berhati-hati, jeli, dan lebih berwaspada.

Jika kita tidak bisa menghindari kejahatan dunia, mari kita taklukkan dengan cara hidup penuh hikmat. Biarlah dunia menghakimi dirinya sendiri dengan kejahatannya. TUHAN memberkati.

Amourously Of Christ:
KeTUT MARDIASA
(Pin BB: 2600cd25)

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungan dan dukungan anda. TUHAN Yesus memberkati. Semua Artikel dan Renungan yang ada di blog ini, boleh disalin/ dicopy tanpa ijin. Berikan Komentar dengan sopan dan dukung terus untuk kemuliaan nama TUHAN Yesus Juruselamat kita. Salam Dalam Kasih Kristus.

Contact Form

Name

Email *

Message *