(CDN097) "UMAT YANG ISTIMEWA"

Pembacaan Alkitab: Mazmur 114: 1-8

“Laut melihatnya, lalu melarikan diri, sungai Yordan berbalik ke hulu. Gunung-gunung melompat-lompat seperti domba jantan, dan bukit-bukit seperti anak domba. (Ay. 3-4)

Jika kita mereview kembali sejarah perjalanan bangsa Israel dari Mesir, kita akan menemukan cara Allah dalam membebaskan umat pilihan-Nya. Allah telah menetapkan suatu bangsa bagi-Nya untuk menjadi umat kepunyaan-Nya, yaitu bangsa Israel keturunan Yakub (Ay. 1-2). Perhatikan bagaimana TUHAN membuat mereka begitu istimewa sehingga laut, gunung, bukit-bukit dan sungai gemetar karenanya, karena TUHAN berada dihadapannya sebagai pemimpin mereka (Ay. 3-7).

Ketika Musa mengulurkan tangannya ke atas laut Teberau, TUHAN menguakkan air laut sehingga laut pun terbelah atas kehendak TUHAN dan bangsa Israel berjalan di dalamnya (Kel. 14:21-22). Demikian juga dengan sungai Yordan, ketika bangsa Israel hendak menyebranginya, air sungai berbali ke hulu (ay. 3; Bdk. Yosua 3:14-16). Pemazmur pun mencatat bahwa gunung-gunung dan bukit-bukit pun melompat-lompat seperti domba dan anak-anak domba (Ay. 6), bumipun gemetar menyaksikannya (Ay. 7).

Sungguh sangat ajaib penyertaan TUHAN terhadap umat pilihan-Nya, termasuk juga kepada kita yang hidup sampai sekarang ini, Allah tidak pernah berhenti untuk bekerja dan melakukan keajaiban-Nya kepada kita sampai hari ini bahkan untuk selama-lamanya. Mengapa TUHAN melakukan hal ini? Alasannya sangat jelas bahwa:

1. Karena kita adalah umat pilihan TUHAN, sama seperti bangsa Israel adalah umat pilihan TUHAN  (Ay. 1-2). Yehuda adalah tempat kudus-Nya dan Israel adalah wilayah kekuasaan-Nya.

2. Karena TUHAN mau  menjadikan kita sebagai umat yang istimewa, berbeda dan berwibawa (Ay. 3-4). Sama seperti bangsa Israel yang sudah TUHAN buat berbeda, sehingga alampun tunduk dan hormat kepadanya, bukit-bukit, gunung-gunung dan sungai.

Walaupun harus melewati sebuah proses di padang gurun, itu sebagai bagian dari pembentukan karakter dan keimanan kita kepada TUHAN, namun Ia sekali-kali tidak sedikitpun meninggalkan kita, Ia selalu ada pada saat umat-Nya membutuhkan, Ia mengubah gunung batu menjadi kolam air dan batu keras menjadi mata air (Ay. 8; bdk. Kel. 17:1-7). Ini sebagai bukti penyertaan TUHAN bagi umat-Nya.

Sebagai umat pilihan TUHAN, Ia terus bekerja sampai hari ini untuk kita, dan bahkan untuk selama-lamanya. TUHAN mau membuat hidup kita berbeda di antara bangsa-bangsa yang tidak mengenal TUHAN. Tugas kita adalah, mari kita bersyukur untuk keajaiban TUHAN atas hidup kita, bersyukur karena TUHAN berkenan menjadikan kita sebagai umat pilihan-Nya dan menjadikan kita sebagai umat yang istimewa. TUHAN Yesus memberkati.

-------------------------------
Christian Devotionals:
Aplikasi Renungan untuk BlackBerry dan Android:

http://appworld.blackberry.com/webstore/content/34773916 (Christian Devotionals) atau via BlackBerry App World.

Aplikasi untuk Android via link ini: http://bitly.com/1d4otr8 buka via Browser lalu klik Download App atau klik Free, lalu setelah selesai download pilih install.

Renungan via BBM, 2600cd25, WhatsApp: +6285238083111.
Email: solagracia2308@gmail.com
-------------------------------

Amourously Of Christ:
KeTUT MARDIASA

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungan dan dukungan anda. TUHAN Yesus memberkati. Semua Artikel dan Renungan yang ada di blog ini, boleh disalin/ dicopy tanpa ijin. Berikan Komentar dengan sopan dan dukung terus untuk kemuliaan nama TUHAN Yesus Juruselamat kita. Salam Dalam Kasih Kristus.

Contact Form

Name

Email *

Message *