(CDN090) "MENUKAR YESUS DENGAN HARTA YANG MEMBINASAKAN"

Pembacaan Alkitab: Matius 26:14-16

"Ia (Yudas Iskariot) berkata: " Apa yang hendak kamu berikan kepadaku, supaya aku menyerahkan Dia kepada kamu? " Mereka membayar tiga puluh uang perak kepadanya." (Matius 26:15).

Dikasihi tetapi tidak pernah mengerti bahwa ia dikasihi, dipakai tetapi digunakan sebagai kesempatan untuk meraup keutungan, diangkat sebagai bendahara, namun tidak puas dengan sejumlah uang yang sudah dikorupsi, masih saja rakus dan haus dengan harta. Mungkin inilah gambaran Yudas Iskariot, sang murid durhaka yang tidak tahu diuntung. Saat-saat terakhir dimana menjelang kematian Yesus di kayu salib, justru digunakan sebagai kesempatan untuk mendapat keuntungan yang lebih besar.

Yudas Iskariot keluar dari komunitasnya dan menemui imam-iman kepala serta mengadakan negosiasi, seberapa besar dihargai darah yang suci dan tak berdosa itu. Setelah mengadakan kesepakatan, Yudas menukar Yesus dengan 30 keping uang perak. Sangat disayangkan, ambisi untuk mendapat keuntungan rela menjual Yesus dengan keping uang perak. Sungguh murahan sekali. Dia tidak penah tahu bahwa Yesus sudah mebayar dosanya dengan harga yang sangat mahal, yaitu darah-Nya (bdk. 1 Ptr.1:18-19).

Apa strategi Yudas untuk menyerahkan gurunya sediri dengan menukarnya dengan 30 keping uang perak?

1. Yudas mengadakan kesepakatan gelap dengan imam-imam kepala (Ay. 14-15). Yudas keluar dari komunitasnya dan bergabung dengan mereka yang hendak menangkap Yesus.

2. Yudas mencari-cari kesempatan yang baik untuk menyerahkan Yesus (Ay. 16). Yudas hanya memikirkan keuntungan yang akan dia dapatkan, tetapi tidak pernah tahu dan tidak pernah memikirkan keselamatan dirinya. Maut telah menantikan dia. Penyesalannya tidak disertai dengan pertobatan, ia mati gantung diri (Mat. 27:5).

Yesus telah membayar harga yang sangat mahal untuk kita. Ia telah melunasi hutang dosa kita. Kita yang sepatutnya dihukum, namun dia mengantikan kita sebagai tanda kasih-Nya yang besar kepada kita. Jangan pernah menukar apa yang TUHAN sudah berikan kepada kita dengan sesuatu yang akan membinasakan kita. Lihatlah apa yang terjadi dengan Yudas yang menukar keselamatan dirinya dengan 30 keping uang perak. Semuanya berakhir dengan sia-sia diuung kematian. TUHAN memberkati.

Amourously Of Christ:
KeTUT MARDIASA

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungan dan dukungan anda. TUHAN Yesus memberkati. Semua Artikel dan Renungan yang ada di blog ini, boleh disalin/ dicopy tanpa ijin. Berikan Komentar dengan sopan dan dukung terus untuk kemuliaan nama TUHAN Yesus Juruselamat kita. Salam Dalam Kasih Kristus.

Contact Form

Name

Email *

Message *