(CDN094) "GAGAL MENGENAL TUHAN"

Pembacaan Alkitab: Lukas 24:36-46

"... Yesus tiba-tiba berdiri di tengah- tengah mereka dan berkata kepada mereka: " Damai sejahtera bagi kamu! " Mereka terkejut dan takut dan menyangka bahwa mereka melihat hantu." (Ay. 36-37).

Sungguh sangat disayangkan, sekian tahun lamanya hidup bersama-sama, diajar dan diperlengkapi tentang pelayanan dan pola kehidupan yang beradad dan berakhlak  namun belum cukup juga untuk mengenal Pribadi Yang Mahaagung. Perasaan mereka lebih peka dengan hal-hal yang mistis daripada dengan kehadiran TUHAN. Tidak satupun dari murid-murid-Nya mengenali-Nya, kehadiran-Nya malah dikira sosok yang tak bertulang dan berdaging (Ay.37, 39b). Untuk menghentikan ketakutan mereka Yesus segara menyatakan diri-Nya "I'm Not Hantu, but I'm is TUHAN". Pikiran dan perasaan mereka sedikit keseleo, yang seharusnya menyebut TUHAN malah terbalik menjadi hantu :). Mereka gagal mengenal TUHAN.

Apa yang menyebabkan mereka gagal mengenali gurunya sendiri? Rupanya ada sesuatu yang mengahalangi pandangan dan perasaan  mereka, yaitu:

1. Kebodohan, telat memahami keadaan, kurang peka dengan kehadiran TUHAN (Ay. 36). Mereka seharusnya berpikir bahwa tidak mungkin hantu dapat mengucapkan salam yang begitu santun apalagi memberkati mereka.

2. Keragu-raguan dan ketakutan (Ay. 37-43). Keraguan dan ketakutan membatasi mata mereka melihat Yesus yang sedang berdiri di tengah-tengah mereka. Kondisi hati mereka antara "Ya dan Tidak", antara percaya dan tidak (Ay. 41).

3. Mereka tidak mengerti Kitab Suci dan pendengaran mereka kurang peka mendengar perkaataan TUHAN ketika Ia masih besama-sama dengan mereka (Ay. 44-46). Jikalau mereka peka dan mengerti Kitab Suci, tentu mereka tahu segala sesuatu yang akan terjadi sesuai dengan nubuatan para Nabi.

Inilah yang menyebabkan mereka gagal mengenali TUHAN. Ini juga yang menyebabkan kita gagal menikmati dan merasakan kehadiran TUHAN di tengah-tengah kita. Kita sering salah salah sangka dengan kehadiran TUHAN karena kebodohan kita, hati kita dipenuhi dengan keragu-raguan dan tidak memahami firman TUHAN. Mari kita peka dengan kehadiran TUHAN dalam setiap keberadaan hidup kita, percaya dan pahami firman-Nya. TUHAN memberkati.

-------------------------------
Christian Devotionals:
Aplikasi Renungan untuk BlackBerry dan Android:

http://appworld.blackberry.com/webstore/content/34773916 (Christian Devotionals) atau via BlackBerry App World.

Aplikasi untuk Android via link ini: http://bitly.com/1d4otr8 buka via Browser lalu klik Download App atau klik Free, lalu setelah selesai download pilih install.

Renungan via BBM, 2600cd25, WhatsApp: +6285238083111.
Email: solagracia2308@gmail.com
-------------------------------

Amourously Of Christ:
KeTUT MARDIASA

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungan dan dukungan anda. TUHAN Yesus memberkati. Semua Artikel dan Renungan yang ada di blog ini, boleh disalin/ dicopy tanpa ijin. Berikan Komentar dengan sopan dan dukung terus untuk kemuliaan nama TUHAN Yesus Juruselamat kita. Salam Dalam Kasih Kristus.

Contact Form

Name

Email *

Message *