(CDN095) "SALAH SANGKA TERHADAP TUHAN"

Pembacaan Alkitab: Lukas 24:36-46

"Mereka terkejut dan takut dan menyangka bahwa mereka melihat hantu." (Lukas 24:37).

Sungguh sangat disayangkan kebersamaan yang sudah dibangun selama kurang-lebih tiga tahun lamanya, namun belum cukup bagi murid-murid untuk mengenal Yesus secara pribadi. Mereka menyaksikan mujizat demi mujizat dan bahkan terlibat langsung dalam karya dan pekerjaan TUHAN. Sebelum kematian-Nya di kayu Salib, sudah beberapa kali Ia memperingatkan mereka tentang apa yang akan terjadi, termasuk juga kebangkitan-Nya dari kematian, namun mereka belum juga mengerti, terbukti setelah kebangkitan-Nya, mereka tidak mengenali-Nya bahwa mereka salah sangka ketika Ia menampakkan Diri.

Betapa lambannya mereka memahami apa yang sudah TUHAN katakan kepada mereka. Sungguh merupakan hal yang tidak masuk akal, ketika mereka salah memahami keadaan saat Yesus hadir di tengah-tengah mereka, mereka menyangka bahwa mereka sedang melihat hantu (Ay. 36-37). Mengapa hal ini bisa terjadi?

1. Mereka tidak peka dengan kehadiran TUHAN. (Ay. 36). Namun mereka lebih peka dengan hal-hal mistis, sehingga mereka merasa ketakutan.

2. Mereka tidak peka dengan bahasa dan suara TUHAN (Ay. 36b). Kalau mereka peka dengan salam yang diucapkan TUHAN, ketika Ia berkata "Damai sejahtera bagi kamu" setidaknya mereka tahu bahwa itu adalah TUHAN dan bukan hantu. Dan itu akan menepis segala keraguan dan ketakutan mereka (Ay. 37-43).

3. Mereka menjadi orang-orang yang lemah (Ay. 37). Ketakutan terhadap hantu membuktikan bahwa mereka sangat lemah, mereka kehilangan kekuatan ketika Yesus tidak bersama-sama dengan mereka.

4. Mereka tidak mengerti Kitab Suci dan tidak memahami peringatan TUHAN tentang apa yang harus terjadi (Ay. 44-46).

Akibatnya mereka salah sangka terhadap TUHAN. Ketika kita salah sangka terhadap TUHAN, inilah hal yang paling buruk dalam hidup kita. Kita akan dikuasai oleh kebodohan kita, sehingga kita tidak peka dengan dengan kehadiran TUHAN, tidak peka dengan suara TUHAN, dihantui oleh rasa takut, kebimbangan dan keraguan. Pada akhirnya kita tidak menikmati apa pun yang baik yang TUHAN kerjakan dalam hidup kita. Mari bangun keintiman dengan Dia, pahami kehendak-Nya melalui ketekunan membaca firman TUHAN. TUHAN memberkati.

-------------------------------
Christian Devotionals:
Aplikasi Renungan untuk BlackBerry dan Android:

http://appworld.blackberry.com/webstore/content/34773916 (Christian Devotionals) atau via BlackBerry App World.

Aplikasi untuk Android via link ini: http://bitly.com/1d4otr8 buka via Browser lalu klik Download App atau klik Free, lalu setelah selesai download pilih install.

Renungan via BBM, 2600cd25, WhatsApp: +6285238083111.
Email: solagracia2308@gmail.com
-------------------------------

Amourously Of Christ:
KeTUT MARDIASA

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungan dan dukungan anda. TUHAN Yesus memberkati. Semua Artikel dan Renungan yang ada di blog ini, boleh disalin/ dicopy tanpa ijin. Berikan Komentar dengan sopan dan dukung terus untuk kemuliaan nama TUHAN Yesus Juruselamat kita. Salam Dalam Kasih Kristus.

Contact Form

Name

Email *

Message *