(CDN073) "PENGHIBURAN YANG MENYENANGKAN JIWA"

Pembacaan Alkitab: Mazmur 94:16-19

"Apabila bertambah banyak pikiran dalam batinku, penghiburan-Mu menyenangkan jiwaku" (Ay. 19).

Seiring dengan banyaknya beban dalam pikiran kita karena tekanan dan masalah yang datang (Ay. 16) menguras banyak energy yang memungkinkan kita menjadi lemah dan tidak berdaya (Ay. 17). Lemas dan tidak bertenaga; "ketika aku berpikir "kakiku goyang" (Ay. 18a). Saat-saat seperti itu, tidak ada sesuatu yang dapat kita andalkan dan kita harapkan. Pemazmur berkata; "jikalau bukan TUHAN yang menolong aku, nyaris aku diam di tempat yang sunyi" (ay. 17).

Pemazmur menyebut "diam di tempat yang sunyi". Apa yang menyebabkan ia nyaris diam di tempat yang sunyi? Kejahatan dan orang-orang jahat! Saat-saat seperti itu, pemazmur membutuhkan penghiburan, namun sepertinya tiada kawan, tiada teman, tiada sahabat yang datang memberi penghiburan, sehingga ia merasa dunia terasa sunyi dan sepi.

Tetapi mari kita coba untuk memperhatikan, siapakah yang sanggup memberi penghiburan saat-saat dunia ini menjadi sunyi dan sepi? Pemazmur katakan dalam keyakinannya kepada TUHAN "PENGHIBURAN-MU MENYENANGKAN JIWAKU" (Ay. 19b).

Pernyataan Pemazmur bahwa TUHAN telah menghibur dia dalam kesunyian jiwanya adalah berdasarkan bukti-bukti yang nyata:

1. TUHAN telah menolong dia melewati masa-masa kritis karena pergumulan melawan keahatan (Ay. 16-17a).

2. TUHAN telah menyokong dia dalam kesetiaan-Nya, ketika "kakinya goyang" karena pikiran dan pegumulannya yang berat (Ay. 18-19a). Menyokong artinya menyangga dan memberi bantuan tenaga supaya tidak roboh atau rebah saat tidak kuat untuk memikul beban.

Berdasarkan hal inilah, Pemazmur berkata; "Apabila bertambah banyak pikiran dalam batinku, penghiburan-Mu menyenangkan jiwaku" (Ay. 19). Biarlah penghiburan ini menjadi bahagian kita saat-saat kita dalam kondisi lemah dan dalam kesunyian. TUHAN adalah pertolongan kita, dan oleh karena kasih-Nya, Ia menyokong kita. Inilah penghiburan yang menyenangkan jiwa kita. TUHAN memberkati.

============
Info Renungan Lainnya:
Email: solagracia2308@gmail.com
Pin BB: 2600cd25
WhatsApp: +6285337460111 (WhatsApp Only, No Call or SMS).
============

Amourously Of Christ:
Ps. KeTUT MARDIASA

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungan dan dukungan anda. TUHAN Yesus memberkati. Semua Artikel dan Renungan yang ada di blog ini, boleh disalin/ dicopy tanpa ijin. Berikan Komentar dengan sopan dan dukung terus untuk kemuliaan nama TUHAN Yesus Juruselamat kita. Salam Dalam Kasih Kristus.

Contact Form

Name

Email *

Message *