(CDN071) "PAHIT YANG MENYEHATKAN DAN MEMULIHKAN"

Pembacaan Alkitab: Mazmur 119:71

"Bahwa aku tertindas itu baik bagiku, supaya aku belajar ketetapan- ketetapan- Mu".

"Bahwa aku tertintas itu baik bagiku..." kata pemazmur. Apa yang melatarbelakangi pernyataan yang begitu luar biasa ini? Ternyata setelah memperhatikan dengan seksama pada bagian lainnya, keadaan nyaman membuat ia kurang peka terhadap perintah-perintah atau ketetapan-ketetapan TUHAN, bahkan memilih jalan yang salah atau menyimpang dari jalur yang ditetapkan; "Sebelum aku tertindas, aku menyimpang, tetapi sekarang aku berpegang pada janji- Mu" (Mzm. 119:67).

Kesadaran ini membuat pemazmur berusaha untuk menemukan kehendak TUHAN, yaitu apa yang TUHAN mau, bukan apa yang ia mau. Ia berkata; "... Supaya aku belajar ketetapan-ketetapan-Mu". (71b). Apa itu ketetapan TUHAN? Bhs. Ibrani "Choq" yang berarti Anggaran dasar, undang-undang, peraturan, hukum dan perintah (commandments).

Penindasan yang dimaksud oleh pemazmur adalah akibat dari kesalahannya sendiri yang telah menyimpang dari jalan yang telah ditetapkan. Ia melanggar peraturan, undang-undang, hukum-hukum atau perintah-perintah TUHAN (Mzm. 199:67). Penindasan itu membuat ia sadar supaya kembali kepada jalan yang benar, sehingga keluarlah suatu pernyataan yang begitu luar biasa, "bahwa aku tertindas itu baik bagiku...". (Ay. 71a).

Penindasan itu dipandang sebagai "OBAT" yang menyehatkan bagi pemulihan hubungannya dengan TUHAN, untuk kembali berpegang kepada perintah-perintah dan ketetapan-ketetapan TUHAN, sekalipun itu PAHIT. Ibaratnya obat yang pahit, tetap harus diminum untuk kesembuhan bagi tubuh yang sakit. Hal ini mengajarkan kita bahwa;

1. Kenyataan pahit yang kita alami, anggaplah sebagai teguran untuk kembali kepada jalan yang benar, yaitu hidup dalam ketaatan kepada perintah-perintah atau ketetapan-ketetapan TUHAN.

2. Kenyataan pahit yang kita alami, anggapnya sebagai  penindasan akibat kesalahan kita sendiri yang telah menyimpang karena terbuai dengan kenyamanan (Mzm. 199:67).

3. Kenyataan pahit yang kita alami, anggaplah sebagai obat yang menyembuhkan dan memulihkan hubungan kita dengan TUHAN, sehingga kita dapat berkata seperti pemazmur berkata, bahwa; "penindasan itu baik bagiku...".

Pahit namun menyehatkan, menyembuhkan dan memulihkan. Itulah obat. Jangan lemah dan mundur. Anggaplah semua yang terjadi itu adalah obat, sebagai teguran untuk kembali kepada jalan yang benar. Untuk memulihkan hubungan kita dengan TUHAN. TUHAN memberkati.

============
Info Renungan Lainnya:
Email: solagracia2308@gmail.com
Pin BB: 2600cd25
WhatsApp: +6285337460111 (WhatsApp Only, No Call or SMS).
============

Amourously Of Christ:
KeTUT MARDIASA

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungan dan dukungan anda. TUHAN Yesus memberkati. Semua Artikel dan Renungan yang ada di blog ini, boleh disalin/ dicopy tanpa ijin. Berikan Komentar dengan sopan dan dukung terus untuk kemuliaan nama TUHAN Yesus Juruselamat kita. Salam Dalam Kasih Kristus.

Contact Form

Name

Email *

Message *