(CDN061) "MENANG TERHADAP MASALAH".

Pembacaan Alkitab: Kejadian 50:15-21

"Memang kamu telah mereka- rekakan yang jahat terhadap aku, tetapi Allah telah mereka- rekakannya untuk kebaikan, dengan maksud melakukan seperti yang terjadi sekarang ini, yakni memelihara hidup suatu bangsa yang besar" (ay. 20).

Sebuah pembelajaran hidup yang luar biasa dari kisah Yusuf yang perlu mendapat perhatian kita secara serius. Kisah ini menggambarkan ketegaran dan sikaf hati seseorang yang mengerti dan memahami kehendak TUHAN di balik beratnya ujian dan tantangan yang harus dihadapinya.

Yusuf mendapat perlakuan yang tidak manusiawi dari saudara-saudaranya, karena mereka dikuasai oleh iri hati, dengki dan kebencian. Ia disiksa, difitnah, nyaris dibunuh dan bahkan dijual ke Mesir. Namun apakah itu membuat Yusuf berhenti mempercayai TUHAN? Tidak! Justru sikafnya yang baik dan kepercayaannya kepada TUHAN telah membuat ia berhasil dalam segala sesuatu yang dilakukannya. Bahkan Ia memandang positif setiap penderitaan yang ia alami. Ia tahu ada tujuan TUHAN yang jauh lebih besar dari dibalik semua yang ia alami. Ia berkata "Memang kamu telah mereka- rekakan yang jahat terhadap aku, tetapi Allah telah mereka- rekakannya untuk kebaikan, dengan maksud melakukan seperti yang terjadi sekarang ini, yakni memelihara hidup suatu bangsa yang besar" (ay. 20).

Apa yang dapat kita pelajari dari kisah ini? Terlalu banyak sekali! Namun beberapa di antaranya adalah:

1. Berpikir positif. Dibalik ujian, ada tujuan TUHAN yang jauh lebih besar. Manusia mereka-rekakan yang jahat, tetapi TUHAN mereka-rekakan kebaikan. Jangan sibuk dengan masalah, tetapi temukankan kehendak TUHAN di balik masalah.

2. Mempercayakan diri kepada TUHAN. Tidak menempatkan diri di atas masalah, tetapi di atas kepercayaan kepada TUHAN. Masalah tidak dapat menyelesaikan masalah, tetapi kepercayaan kepada TUHAN akan melihat rencana TUHAN dari balik masalah. Yusuf berkata, "...dengan maksud melakukan seperti yang terjadi sekarang ini, yakni untuk memelihara hidup suatu bangsa yang besar".

Berpikirlah positif, pandanglah masalah sebagai bagian dari rencana TUHAN merajut keindahan bagi masa depan kita. Jangan kalah dengan masalah, majulah dengan iman dan kepercayaan yang besar kepada TUHAN. Inilah kunci kemenangan kita menghadapi masalah. Jangan mundur karena masalah, hadapilah setiap tantangan. TUHAN memberkati.

Amourously Of Christ:
KeTUT MARDIASA

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungan dan dukungan anda. TUHAN Yesus memberkati. Semua Artikel dan Renungan yang ada di blog ini, boleh disalin/ dicopy tanpa ijin. Berikan Komentar dengan sopan dan dukung terus untuk kemuliaan nama TUHAN Yesus Juruselamat kita. Salam Dalam Kasih Kristus.

Contact Form

Name

Email *

Message *