(DN017) "KRITERIA SEORANG PELAYAN KRISTUS"

Pembacaan Alkitab: 1 Kor. 4:1-5

(1) Demikianlah hendaknya orang memandang kami: sebagai hamba-hamba Kristus, yang kepadanya dipercayakan rahasia Allah. (2) Yang akhirnya dituntut dari pelayan-pelayan yang demikian ialah, bahwa mereka ternyata dapat dipercayai. (3) Bagiku sedikit sekali artinya entahkah aku dihakimi oleh kamu atau oleh suatu pengadilan manusia. Malahan diriku sendiri pun tidak kuhakimi. (4) Sebab memang aku tidak sadar akan sesuatu, tetapi bukan karena itulah aku dibenarkan. Dia, yang menghakimi aku, ialah Tuhan. (5) Karena itu, janganlah menghakimi sebelum waktunya, yaitu sebelum Tuhan datang. Ia akan menerangi, juga apa yang tersembunyi dalam kegelapan, dan Ia akan memperlihatkan apa yang direncanakan di dalam hati. Maka tiap-tiap orang akan menerima pujian dari Allah.
 
Sangat menarik untuk dipelajari, karena kita semua yang mengaku percaya kepada Kristus adalah pelayan-pelayan Kristus dan sesungguhnya memiliki sebuah tanggung jawab untuk melakukan kehendak Allah (bdk. Mat. 7:21; Yoh. 14:12).

Banyak orang menyalagunakan wewenang dan tidak bertanggung jawab dengan tugas dan apa yang dipercayakan kepada mereka. Mengutamakan kepentingan diri di atas kepentingan bersama, memilih lari dan menyelamatkan kepentingan diri dari pada bertahan untuk setia, bahkan mencari-cari alasan dan pembenaran diri. Hal ini wajar pada lembaga atau institusi dunia. Tetapi bagaimana dgn lembaga sakral? Sangat mungkin juga terjadi pada lembaga gereja. Pelayan-pelayan TUHAN sudah tidak lagi fokus kepada pelayanan tetapi kpd MAMMON.

Rasul Paulus menulis bahwa Ia adalh seorang pelayan Kristus, yang dipercayakan kepadanya untuk menyingkapkan tabir kebenaran yaitu rahasia Allah (ay. 1; bdk. 1 Kor. 2:7-8). Dalam tulisannya kali ini tersirat Kriteria-kriteria seorang pelayan Kristus, yaitu:

1. Orang yangg dapat dipercaya (ay. 1). Dapat dipercaya artinya jujur dan tidak menyalahgunakan wewenang dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Inilah yang sebut sebagai pelayan TUHAN/ Hamba Kristus.

2. Orang yang Setiawan / setia (ay. 2). Inilah yang dituntut sebagai Pelayan2 Kristus. Dalam terj. LAI = dapat PERCAYA, mungkin lebih tepat diterjemahkan SETIA = FAITHFUL, seperti ungkapan dalam KJV: "Moreover it is required in stewards, that a man be found FAITHFUL".

3. Orang yang memberi celah kpd penghakiman Allah (ay. 3-5a). Tidak menghakimi sebelum datang waktu TUHAN untuk menghakimi. Tetapi kita melayani mereka.

Jadi inilah kriteria seorang pelayan Kristus; 1. dapat dipercaya, karena banyak orang menyalahgunakan wewenang dan mencari keuntungan diri sendiri. 2. Seorang yang setia, karena banyak orang mundur karena menganggap mengikuti kemauannya sendiri lebih penting dari pada melakukan kehendak TUHAN. 3. Dan yang terakhir jangan menghami. Mother Theresa berkata: kalau kita menghakimi, kita tidak punya waktu untuk mengashi". Berarti mengabaikan tugas kita untuk melayani. TUHAN memberkati.

Renungan via BBM; 2600cd25, WhatsApp: +6285737008111 dan email: solagracia2308@yahoo.com.

Amourously Of Christ:
KeTUT MARDIASA

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungan dan dukungan anda. TUHAN Yesus memberkati. Semua Artikel dan Renungan yang ada di blog ini, boleh disalin/ dicopy tanpa ijin. Berikan Komentar dengan sopan dan dukung terus untuk kemuliaan nama TUHAN Yesus Juruselamat kita. Salam Dalam Kasih Kristus.

Contact Form

Name

Email *

Message *