(DN006) "BERMEGAH DI DALAM TUHAN"

Bacaan Alkitab: 1 Kor. 1:26-31

Ayat Mas: Karena itu seperti ada tertulis: "Barangsiapa yang bermegah, hendaklah ia bermegah di dalam Tuhan." (1 Kor. 1:31).

(26) Ingat saja, saudara-saudara, bagaimana keadaan kamu, ketika kamu dipanggil: menurut ukuran manusia tidak banyak orang yang bijak, tidak banyak orang yang berpengaruh, tidak banyak orang yang terpandang. (27) Tetapi apa yang bodoh bagi dunia, dipilih Allah untuk memalukan orang-orang yang berhikmat, dan apa yang lemah bagi dunia, dipilih Allah untuk memalukan apa yang kuat, (28) dan apa yang tidak terpandang dan yang hina bagi dunia, dipilih Allah, bahkan apa yang tidak berarti, dipilih Allah untuk meniadakan apa yang berarti, (29) supaya jangan ada seorang manusia pun yang memegahkan diri di hadapan Allah. (30) Tetapi oleh Dia kamu berada dalam Kristus Yesus, yang oleh Allah telah menjadi hikmat bagi kita. Ia membenarkan dan menguduskan dan menebus kita. (31) Karena itu seperti ada tertulis: "Barangsiapa yang bermegah, hendaklah ia bermegah di dalam Tuhan."
 
Apa yang dapat kita banggakan di dunia ini? Harta atau Kekayaan, jabatan, intelektual dan pendidikan tinggikah? Semua kemegahan yang kita miliki di dunia ini tidak akan pernah ada artinya dibandingkan dengan apa yang TUHAN berikan kepada ikita. Mungkin dunia memandang kita dengan sebelah mata, tetapi ada waktunya yang tepat, bahwa mata dunia akan menjadi "BELOH", terpesona dengan keagungan dan kemuliaan yang TUHAN berikan kepada kita.

Dunia mengukur berdasarkan apa yang nampak oleh mata, tetap TUHAN melihat sampai kedalaman hati kita (1 Sam. 16:7b). Hal-hal yang nampak oleh mata adalah sementara tetapi yang tidak nampak adalah kekal.

Dunia mungkin melupakan kita, tetapi apa yang telah diabaikan dasn dilupakan oleh dunia dipakai oleh oleh Allah. Menurut ukuran dunia, kita dianggap sama sekali tidak berguna (ay. 26) tetapi mari kita lihat fakta dan kebenaran ini, bagaimana Allah memakai dan memilih apa yang dilupakan oleh dunia:

1. Apa yang dianggap bodoh bagi dunia, dipilih oleh Allah untuk menelanjangi kesombongan orang-orang yang memegahkan diri karena hikmatnya (ay. 27a).

2. Apa lemah bagi dunia. Dipilih Allah untuk melumpuhkan kekuatan orang-orang yang bermegah karena merasa diri kuat (ay. 27b).

3. Apa yang hina dan tak terpandang bagi dunia, dipilih Allah merendahkan kemegahan orang-orang yang menganggap diri terhormat (ay. 28).

Tujuan dari semua ini adalah, supaya jangan ada orang-orang yang memegahkan diri karena apa yang ada padanya. Tetapi bermegahlah karena Kristus yang kita miliki (ay. 29-31).

Memiliki Kristus, memiliki segalanya, inilah kemegahan dan keagungan kita sebagai orang-orang milik Allah yang dalam Kristus, Ia membenarkan, menguduskan dan menebus kita (ay. 30). Bemegahlah di dalam TUHAN (ay. 31). TUHAN memberkati.

Amourously Of Christ:
KeTUT MARDIASA

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungan dan dukungan anda. TUHAN Yesus memberkati. Semua Artikel dan Renungan yang ada di blog ini, boleh disalin/ dicopy tanpa ijin. Berikan Komentar dengan sopan dan dukung terus untuk kemuliaan nama TUHAN Yesus Juruselamat kita. Salam Dalam Kasih Kristus.

Contact Form

Name

Email *

Message *