(DN010) "HIDUP DALAM PIMPINAN ROH"

Bacaan Alkitab: 1 Kor. 2:10-16

Ayat Mas: "Karena kepada kita Allah telah menyatakannya oleh Roh, sebab Roh menyelidiki segala sesuatu, bahkan hal- hal yang tersembunyi dalam diri Allah". (1 Kor. 2:10)

(10) Karena kepada kita Allah telah menyatakannya oleh Roh, sebab Roh menyelidiki segala sesuatu, bahkan hal-hal yang tersembunyi dalam diri Allah. (11) Siapa gerangan di antara manusia yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri manusia selain roh manusia sendiri yang ada di dalam dia? Demikian pulalah tidak ada orang yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri Allah selain Roh Allah. (12) Kita tidak menerima roh dunia, tetapi roh yang berasal dari Allah, supaya kita tahu, apa yang dikaruniakan Allah kepada kita. (13) Dan karena kami menafsirkan hal-hal rohani kepada mereka yang mempunyai Roh, kami berkata-kata tentang karunia-karunia Allah dengan perkataan yang bukan diajarkan kepada kami oleh hikmat manusia, tetapi oleh Roh. (14) Tetapi manusia duniawi tidak menerima apa yang berasal dari Roh Allah, karena hal itu baginya adalah suatu kebodohan; dan ia tidak dapat memahaminya, sebab hal itu hanya dapat dinilai secara rohani. (15) Tetapi manusia rohani menilai segala sesuatu, tetapi ia sendiri tidak dinilai oleh orang lain. (16) Sebab: "Siapakah yang mengetahui pikiran Tuhan, sehingga ia dapat menasihati Dia?" Tetapi kami memiliki pikiran Kristus. 

Rasul Paulus menguraikan bahwa; kepada kita Allah telah menyatakan segala sesuatu, bahkan apa yang sulit dan tersebunyi oleh Roh. Roh menyelidiki segala sesuatu dan tahu segala sesuatu (ay. 11).

Karena oleh Roh, Allah menyatakan segala sesuatu kepada kita, jadi untuk mengetahui dan mengerti kehendak Allah dan segala sesuatu, maka kita harus hidup dalam pimpinan Roh.

Ciri-ciri orang yang hidup dalam pimpinan Roh adalah;

1. Mengenal Allah dan kehendak-Nya, karena Roh Allah yang menyatakannya kepada kita. Ia menyelidiki dan memberitahukan segala sesuatu yang tersembunyi dalam diri Allah (ay. 10-11).

2. Dapat membedakan segala sesuatu, membedakan mana kehendak Allah dan hikmat manusia. Dapat menilai swgala sesuatu. Hal ini hanya mungkin jika kita hidup dalam pimpinan Roh (ay. 12-15).

3. Memilik pikiran Kristus. Mengerti dan memahami mengapa Allah mengasihi dan menyatakan segala sesuatu kepada kita (ay. 16).

Kebenaran ini mengajarkan kepada kita bahwa, Allah mengasihi kita. Oleh karena itu Roh menyatakan segala sesuatu tentang esensi dan keberadaan-Nya supaya kita mengerti dan memahami maksud-maksud-Nya bagi kita. Tanpa Roh Allah, semua usaha manusia untuk mengenal Allah sia-sia, oleh karena itu mari kita hidup dalam pimpinan Roh. TUHAN memberkati.

Renungan via BBM, silakan invite 2600cd25, WhatsApp: +6285737008111. 
Email: solagracia2308@yahoo.com.

Amourously Of Christ:
KeTUT MARDIASA

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungan dan dukungan anda. TUHAN Yesus memberkati. Semua Artikel dan Renungan yang ada di blog ini, boleh disalin/ dicopy tanpa ijin. Berikan Komentar dengan sopan dan dukung terus untuk kemuliaan nama TUHAN Yesus Juruselamat kita. Salam Dalam Kasih Kristus.

Contact Form

Name

Email *

Message *