(DN011) "MANUSIA DUNIAWI DAN MANUSIA ROHANI"

Bacaan Alkitab: 1 Kor. 2: 14-16

(14) Tetapi manusia duniawi tidak menerima apa yang berasal dari Roh Allah, karena hal itu baginya adalah suatu kebodohan; dan ia tidak dapat memahaminya, sebab hal itu hanya dapat dinilai secara rohani. (15) Tetapi manusia rohani menilai segala sesuatu, tetapi ia sendiri tidak dinilai oleh orang lain. (16) Sebab: " Siapakah yang mengetahui pikiran Tuhan, sehingga ia dapat menasihati Dia? " Tetapi kami memiliki pikiran Kristus.

Berdasarkan pembacaan sebelumnya, manusia rohani adalah manusia yang hidup dipimpin oleh Roh. Menerima segala sesuatu yang dinyatakan oleh Roh yang sesungguhnya bersumber dari Allah (1 Kor. 2: 10-13). Sedangkan  manusia duniawi adalah manusia yang dikendalikan oleh hawa nafsu dan hikmat manusia, menolak segala sesuatu yang berasal dari Allah (ay. 14).

Mari kita perhatikan dengan sesama perbedaan antara manusia duniawi dengan manusia Rohani sesuai dengan teks pembacaan kita hari ini, seperti berikut:

1. Manusia duniawi mengganggap kebodohan sesuatu yang dari Allah, yang dinyatakan oleh Roh. Oleh karena itu mereka menolak-Nya, tetapi manusia Rohani memahaminya sebagai kebenaran (ay. 14).

2. Manusia duniawi melihat secara terbatas tetapi manusia rohani secara tak terbatas. Menilai, melihat dan menyelidiki, menemukan dan memahami segala sesuatu dari segala sesuatu (ay. 15).

3. Manusia Duniawi memikirkan segala sesuatu yang dari dunia tetapi manusia Rohani memikirkan apa yang Allah pikirkan (ay. 16).

Kebenaran ini mengajarkan kita untuk hidup sebagai manusia rohani. Hidup yang dipimpin oleh Roh, supaya kita tahu segala sesuatu yang berasal dari Allah (1 Kor. 2: 12).

Manusia duniawi akan lenyap oleh keinginannya sediri tetapi manusia Rohani akan tetap hidup (1 Yoh. 2:17; bdk. Yak. 1:14-15).

Oleh karena itu, "Jagalah dirimu, supaya hatimu jangan sarat oleh pesta pora dan kemabukan serta kepentingan- kepentingan duniawi dan supaya hari Tuhan jangan dengan tiba- tiba jatuh ke atas dirimu seperti suatu jerat" (Luk. 21:34). TUHAN memberkati.

Renungan via BBM, silakan invite 2600cd25, WhatsApp: +6285737008111. 
Email: solagracia2308@yahoo.com.

Amourously Of Christ:
KeTUT MARDIASA

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungan dan dukungan anda. TUHAN Yesus memberkati. Semua Artikel dan Renungan yang ada di blog ini, boleh disalin/ dicopy tanpa ijin. Berikan Komentar dengan sopan dan dukung terus untuk kemuliaan nama TUHAN Yesus Juruselamat kita. Salam Dalam Kasih Kristus.

Contact Form

Name

Email *

Message *