(CDN109) "JALAN KEPADA ALLAH"

Pembacaan Alkitab: Yoh. 14:1-11

"Kata Yesus kepadanya: " Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku." (Yoh. 14:6).

Dalam amanat perpisahan-Nya, TUHAN Yesus ingin menyegarkan hati para murid-murid-Nya, Ia mau menjelaskan tentang pengaharapan yang sungguh-sungguh akan mereka terima kelah, yaitu hidup kekal di Rumah Bapa. Yesus Tahu kondisi hati murid-murid-Nya saat Ia tidak bersama-sama lagi dengan mereka. Ia mau supaya mereka menghilangkan segala keraguan yang ada dalam hati mereka melainkan percaya kepada-Nya (Ay. 1).

Perpisahan yang akan terjadi, justru perpisahan yang akan mempersatukan dan mempertemukan kita kelak dalam Rumah Bapa. Dia pergi untuk kembali setelah Ia mempersiapkan tempat bagi semua orang yang percaya kepada-Nya (Ay. 2-3). Dalam hal ini, TUHAN Yesus sangat berharap murid-murid-Nya memahami apa yang dimaksudkan-Nya. Yesus berkata "kemana Aku pergi, kamu tahu jalan ke situ" (ay. 4). Ternyata murid-murid sama sekali tidak mengerti bahkan menimbulkan pertanyaan dalam hati mereka.

Tomas berkata: "Tuhan, kami tidak tahu ke mana Engkau pergi; jadi bagaimana kami tahu jalan ke situ?" (Ay. 5). Untuk menjelaskan maksud-Nya, Yesus berbicara secara terus terang kepada mereka "Akulah jalan itu... Tidak seorangpun dapat datang kepada Bapa kalau tidak melalui Aku" (Ay.6). Percaya kepada Yesus itulah "JALAN" yang dimaksudkan.

Lagi-lagi menimbulkan pertanyaan. Filipus berkata; "tunjukanlah Bapa itu kepada kami" (Ay. 8). Yesus menjelaskan maksudnya lagi untuk memperkuat kepercayaan mereka bahwa sesungguhnya ketika mereka melihat Yesus, berarti mereka telah melihat Bapa. Mengenal Yesus, berarti mengenal Bapa, (Ay. 7) karena Yesus dan Bapa adalah satu 10-11).

Jadi yang TUHAN Yesus maksudkan dengan "Jalan" adalah diri-Nya sendiri. Ada dua hal yang TUHAN Yesus ingin tekankan kepada kita untuk sampai kepada Bapa, yaitu, Percaya dan Mengenal Dia secara pribadi. Yesus berkata: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku." (Ay. 6). Sekarang kita memiliki kepastian, karena TUHAN YESUS telah menunjukan jalan kepada kita, janganlah gelisah hatimu, percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada Kristus (ay. 1). TUHAN memberkati.

-------------------------------
Renungan via BBM:  2600cd25, WhatsApp: +6285238083111.
Email: solagracia2308@gmail.com
-------------------------------

Amourously Of Christ:
KeTUT MARDIASA

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungan dan dukungan anda. TUHAN Yesus memberkati. Semua Artikel dan Renungan yang ada di blog ini, boleh disalin/ dicopy tanpa ijin. Berikan Komentar dengan sopan dan dukung terus untuk kemuliaan nama TUHAN Yesus Juruselamat kita. Salam Dalam Kasih Kristus.

Contact Form

Name

Email *

Message *