(CDN099) "SEDIKIT BICARA BANYAK BEKERJA"

Pembacaan Alkitab: Amsal 14:23

"Dalam tiap jerih payah ada keuntungan, tetapi kata- kata belaka mendatangkan kekurangan saja."

Semasa menginjak masa remaja,  saya memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi, saya selalu bertanya kepada almarhum bapak saya tentang sesuatu hal yang tidak saya mengerti dan asing bagi saya. Bapak saya selalu sabar menjawab pertanyaan saya, namun karena terlalu banyak hal yang saya tanyakan bapak saya bilang, jangan terlalu banyak bicara, bantu bapak menyelesaikan pekerjaan ini, supaya cepat selesai nanti setelah selesai kita bicara lagi.

Banyak waktu yang terbuang, pekerjaan tertunda dan hasil yang tidak maksimal, ketika mulut kita lebih besar dari apa yang bisa kita kerjakan. Mungkin inilah yang dimaksudkan dalam Amsal . 14:23.  Kita harus memberi porsi yang lebih besar dan fokus kepada pekerajaan kita untuk memperoleh hasil yang maksimal daripada terlalu banyak bicara tanpa hasil dan sarat dengan kesalahan."Di dalam banyak bicara pasti ada pelanggaran, tetapi siapa yang menahan bibirnya, berakal budi." (Amsal. 10:19).

Selalu ada sebab akibat. Benar kita kita menentukan sikap, hasilnya juga benar dan sesuai dengan yang diharapkan. Sebaliknya, salah menentukan sikap, hasilnya berani ditebak adalah kegagalan. Perhatikan fakta yang disingkapkan oleh Salomo:

1. Kerja keras mendatangkan hasil yang memuaskan atau memperoleh keuntungan. "Dalam tiap jerih payah ada keuntungan...".

2. Sebaliknya, terlalu banyak bicara, sarat dengan kesalahan. Besar di mulut namun sedikit bekerja, maka hasilnya adalah kekurangan. "... kata- kata belaka mendatangkan kekurangan saja."

Pelajaran yang sangat berharga bagi kita untuk mendapat perhatian, karena ini sesuai dengan kenyataan dan realita yang ada, yang sedang kita hadapi dan terus akan kita akan temukan dalam setiap sudut kehidupan kita. Banyak bicara sekidit bekerja, terdapat banyak kekurangan dan gagal mencapai tujuan yang diharapkan, akan menjadi sia-sia belaka.  Sedikit bicara, kerja keras dan fokus pada apa yang kita kerjakan terdapat banyak keuntungan. Selamat berkarya, selamat bekerja dan selamat beraktivitas, raihlah banyak keuntungan. TUHAN memberkati.

-------------------------------
Renungan via BBM, 2600cd25, WhatsApp: +6285238083111.
Email: solagracia2308@gmail.com
-------------------------------

Amourously Of Christ:
KeTUT MARDIASA

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungan dan dukungan anda. TUHAN Yesus memberkati. Semua Artikel dan Renungan yang ada di blog ini, boleh disalin/ dicopy tanpa ijin. Berikan Komentar dengan sopan dan dukung terus untuk kemuliaan nama TUHAN Yesus Juruselamat kita. Salam Dalam Kasih Kristus.

Contact Form

Name

Email *

Message *