(CDN105) "KECIL BERPOTENSI BESAR"

Pembacaan Alkitab: Lukas 17:5-6

"Lalu kata rasul- rasul itu kepada Tuhan: " Tambahkanlah iman kami!" Jawab Tuhan: " Kalau sekiranya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja, kamu dapat berkata kepada pohon ara ini: Terbantunlah engkau dan tertanamlah di dalam laut, dan ia akan taat kepadamu."

Walaupun sudah cukup lama hidup dalam kebersamaan, menyaksikan begitu banyak mujizat dan tanda tanda ajaib yang dilakukan oleh TUHAN Yesus, namun iman murid-murid masih sangat dangkal. Belum cukup waktu bagi mereka untuk mengenal TUHAN dan karya-karya-Nya lebih dalam lagi. Hal ini terbukti saat murid-murid minta kepada YESUS supaya Ia menambahkan iman dalam hati mereka.

Dari jawaban TUHAN Yesus nampak dengan jelas bahwa iman mereka masih terlalu  jauh dari apa yang diharapkan. TUHAN Yesus berkata:
"Kalau sekiranya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja, kamu dapat berkata kepada pohon ara ini: Terbantunlah engkau dan tertanamlah di dalam laut, dan ia akan taat kepadamu."

TUHAN memberikan penjelasan dalam Matius 13:32 tentang biji Sesawi; "Memang biji itu yang paling kecil dari segala jenis benih, tetapi apabila sudah tumbuh, sesawi itu lebih besar dari pada sayuran yang lain, bahkan menjadi pohon, sehingga burung- burung di udara datang bersarang pada cabang- cabangnya."

Biji Sesawi adalah benih yang sangat kecil namun berpotensi untuk tumbuh menjadi pohon yang besar. Jawaban TUHAN Yesus kepada para murid-Nya bukan bermaksud supaya mereka memiliki iman sebesar biji sesawi yang kecil tetapi lebih kepada potensi yang besar yang dimulai dari hal yang kecil, yang dapat membuat hal yang tidak mungkin menjadi mungkin (Ay. 6b).

Akan sangat menarik jika kita membandingkan ayat 6 dengan terjemahan dari King James Version dan Indonesian Literal Translation.

KJV: "... If ye had faith as a grain of mustard seed..." . (Jika kamu memiliki iman seperti sebutir biji sesawi).

ILT: "... Sekiranya kamu mempunyai iman seperti biji sesawi".

Perhatikan kata "seperti biji sesawi" atau "as a grain of mustard seed". Kita akan menemukan maksud TUHAN yang sangat menarik dan indah dari jawaban-Nya kepada murid-murid-Nya dalam ayat 6. Hal ini menunjuk kepada gambaran tentang benih biji sesawi yang memiliki potensi pertumbuhan yang besar seperti yang digambarkan dalam Matius 13:32.

Murid-murid berkata "tambahkanlah iman kepada kami". Jika mereka memiliki iman seperti biji sesawi, dan mereka tetap bertekun memeliharanya, maka iman itu akan bertambah-tambah besarnya. Yang kecil akan bertumbuh menjadi besar, seperti benih sesawi yang kecil, ketika ia tumbuh, maka ia akan menjadi pohon yang besar, sehingga burung-burung datang dan bersarang padanya. Mari memelihara iman kita dan semakin bertekun di dalamnya, sekalipun sekecil biji sesawi, namun berpotensi besar, sampai iman itu bertumbuh mencapai kesempurnaannya.  TUHAN memberkati.

-------------------------------
Renungan via BBM:  2600cd25, WhatsApp: +6285238083111.
Email: solagracia2308@gmail.com
-------------------------------

Amourously Of Christ:
KeTUT MARDIASA

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungan dan dukungan anda. TUHAN Yesus memberkati. Semua Artikel dan Renungan yang ada di blog ini, boleh disalin/ dicopy tanpa ijin. Berikan Komentar dengan sopan dan dukung terus untuk kemuliaan nama TUHAN Yesus Juruselamat kita. Salam Dalam Kasih Kristus.

Contact Form

Name

Email *

Message *