(CDN101) "KARENA KAMU TIDAK BERDOA"

Pembacaan Alkitab: Yakabus 4:2-3

"Kamu mengingini sesuatu, tetapi kamu tidak memperolehnya, lalu kamu membunuh; kamu iri hati, tetapi kamu tidak mencapai tujuanmu, lalu kamu bertengkar dan kamu berkelahi. Kamu tidak memperoleh apa- apa, karena kamu tidak berdoa. Atau kamu berdoa juga, tetapi kamu tidak menerima apa- apa, karena kamu salah berdoa, sebab yang kamu minta itu hendak kamu habiskan untuk memuaskan hawa nafsumu."

Dalam hati manusia tersimpan begitu banyak keinginan, bahkan setiap saat timbul keinginan-keinginan yang baru. Berbagai cara dilakukan untuk mewujudkan keinginannya, mulai dari cara-cara yang baik dengan usaha dan perjuangan yang keras sampai kepada hal-hal terburuk sealipun. Menempuh jalan yang dapat merugikan orang lain termasuk juga merugikan diri sendiri. Yakobus berkata; "Kamu mengingini sesuatu, tetapi kamu tidak memperolehnya, lalu kamu membunuh; kamu iri hati, tetapi kamu tidak mencapai tujuanmu, lalu kamu bertengkar dan kamu berkelahi. Kamu tidak memperoleh apa- apa, karena kamu tidak berdoa." (Ay. 2).

Yakobus ingin menyampaikan satu hal yang terlupakan oleh mereka yang berambisi untuk mencapai tujuan dan keinginannya, yaitu BERDOA. Apapun yang mereka lakukan tanpa DOA, semuanya akan menjadi sia-sia dan menghantarkan langkah-langkahnya menuju kehancuran.

Mari kita perhatikan apa yang disampaikan oleh Yakobus,  melaporkan tentang keadaan manusia yang TIDAK BERDOA:

1. Ada keinginan yang tidak terpenuh. "Kamu mengingini sesuatu tetapi kamu tidak memperolehnya..." (Ay. 2a).

2. Ada tujuan yang tidak tercapai. Ini merupakan sebuah mata rantai yang tidak terpisahkan. Ketika keinginan tidak terpenuhi,  timbul segala keinginan untuk menghalalkan segala cara; membunuh, iri hati, bertengkar dan berkelahi, tetapi tujuannya tetap tidak tertcapai (Ay. 2b).

3. Gatot alias Gagal Total. Semuanya sia-sia, tidak memperoleh apa-apa dari semua usaha dan perjungannya. Perjalanan panjang yang melelahkan, menguras banyak tenaga dan pikiran namun hasilnya nol (Ay. 2c).

Mengapa? Karena "Kamu tidak berdoa" kata Yakobus. Atau kamu berdoa juga, tetapi kamu salah berdoa. Kamu berdoa hanya untuk kepuasan dan kesenangan diri, kamu berdoa minta sesuatu kepada TUHAN, namun hanya untuk memuaskan hawa nafsumu (Ay. 3). Iya yalah...! Mana mungkin TUHAN, mo kasih. Berdoalah dengan benar dan jujur di hadapan TUHAN, TUHAN pasti akan menjawab tetap pada waktunya sesuai dengan kebutuhan kita. TUHAN memberkati.
-------------------------------
Amourously Of Christ:
KeTUT MARDIASA

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungan dan dukungan anda. TUHAN Yesus memberkati. Semua Artikel dan Renungan yang ada di blog ini, boleh disalin/ dicopy tanpa ijin. Berikan Komentar dengan sopan dan dukung terus untuk kemuliaan nama TUHAN Yesus Juruselamat kita. Salam Dalam Kasih Kristus.

Contact Form

Name

Email *

Message *