(CDN111) "BAPTISAN ROH KUDUS"

Pembacaan Alkitab: Kisah Rasul 1:4-5

(4) "Pada suatu hari ketika Ia makan bersama- sama dengan mereka, Ia melarang mereka meninggalkan Yerusalem, dan menyuruh mereka tinggal di situ menantikan janji Bapa, yang-- demikian kata- Nya-- " telah kamu dengar dari pada- Ku.
(5) Sebab Yohanes membaptis dengan air, tetapi tidak lama lagi kamu akan dibaptis dengan Roh Kudus."

TUHAN Yesus dengan sangat tegas berpesan kepada para murid-murid-Nya supaya mereka tidak meninggalkan Yerusalem sebelum janji Bapa digenapi bagi mereka tentang Roh Penolong yang akan menghibur dan menyertai mereka selama-lamanya (Yoh. 14:16-17, 26; 15: 26; 16:13). Mereka akan menerima Roh Kudus ketika mereka setia menunggu sampai pada waktu yang telah ditetapkan-Nya, yaitu pada hari Pentakosta (Kis. 2:1-13). TUHAN Yesus katakan pada waktu itu mereka akan menerima baptisan Roh Kudus (Ay. 5). Apa itu baptisan Roh?

1. Baptisan Roh adalah penggenapan janji Bapa (Ay. 4; Yoh. 14:16-17, 26). Ketika Roh Kudus turun ke atas mereka sehingga mereka kepenuhan Roh (Kis. 2:1-13). Petrus menyebut juga sebagai penggenapan nubuat nabi Yoel (Kis. 2:16-17).

2. Baptisan Roh adalah Penyatuan orang-orang percaya ke dalam satu tubuh Kristus (1 Kor. 12:12-13). TUHAN melarang murid-murid meninggalkan Yerusalem, supaya mereka tidak tercrai berai, mereka akan dibaptis menjadi satu tubuh dan diberi minum dari satu Roh.

3. Baptisan Roh Kudus adalah Materai keselamatan (Ef. 1:13-14; 4:3). Ketika seseorang mengaku percaya maka Roh Kudus telah memeteraikan dia, sebagai jaminan yang menjadikan kita sebagai milik Allah.

Apakah peristiwa baptisan Roh seperti pada hari Pentakosta terjadi lagi pada masa sekarang? Untuk menjawab pertanyaan ini, kita harus kembali melihat 1 Kor. 12:13. Kalimat yang dipakai menggunakan bentuk aorist (past principle tense) yaitu menunjuk kepada satu pristiwa yang sudah lewat, terjadi hanya satu kali dan tidak akan pernah terjadi lagi, penggenapan janji Bapa tidak mungkin berulang-ulang kali dan membatalkan yang sudah pernah terjadi. Orang percaya zaman sekarang secara status telah dibaptiskan ke dalam satu tubuh Kristus (telah menerima baptisan Roh) ketika mengaku percaya kepada TUHAN, dimeteraikan oleh Roh Kudus untuk menerima keselamatan (Ef. 1:13-14). Hal ini menuntut kita supaya kita hidup dalam pimpinan Roh Kudus dan menghasilkan buah-buha Roh (Gal. 5:22-24). TUHAN memberkati.

Bondservant Of Christ:
KeTUT MARDIASA

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungan dan dukungan anda. TUHAN Yesus memberkati. Semua Artikel dan Renungan yang ada di blog ini, boleh disalin/ dicopy tanpa ijin. Berikan Komentar dengan sopan dan dukung terus untuk kemuliaan nama TUHAN Yesus Juruselamat kita. Salam Dalam Kasih Kristus.

Contact Form

Name

Email *

Message *