(CDN116) "KUASA YANG MENGUBAHKAN"

Pembacaan Alkitab: Kisah Rasul 2:37-42

"Orang- orang yang menerima perkataannya itu memberi diri dibaptis dan pada hari itu jumlah mereka bertambah kira- kira tiga ribu jiwa. Mereka bertekun dalam pengajaran rasul- rasul dan dalam persekutuan. Dan mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa." (Ay. 41-42).

Allah telah menggenapi janji-Nya, Roh Kudus telah dicurahkan, mereka yang setia berkumpul menantikan penggenapan janji itu telah menerima baptisan Roh Kudus pada hari poentakosta di Yerusalem. Dan akibat dari semuanya itu, baik rasul-rasul maupun banyak orang yang hadir pada waktu itu bahkan yang mengejek dan mengolok-olok mereka sebagai orang mabuk oleh anggur manis (Kis. 1:13) menerima kuasa yang mengubahkan.

Mereka mengalami perubahan dalam hati dan hidup mereka, hal ini nampak dalam beberapa hal:

1. Ada Kuasa yang memberi keberanian. Berani tampil untuk menyampaikan suara kebenaran, menyerukan pertobatan (Ay. 38-40)  walaupun diolok dan diejek (Kis. 2:13-14). Petrus dikenal sebagai seorang penakut dan beberapa kali menyangkal Yesus, namun kali ini dia menerima kuasa yang memberi kebenanian (bdk. Kis. 4:13, 29).

2. Mereka mengalami perubahan hati (Ay.  37). Melihat keberanian Petrus yang berkhotbah dengan kuasa, ada perubahan hati bagi para pendengarnya. Mereka yang menolak, kini membuka hati untuk menerima Kristus (Ay. 41).

3. Mereka mengalami perubahan sikap (Ay. 42). mereka yang percaya sudah menjadi satu komunitas. Mereka bertekun dalam pengajaran dan dalam persekutuan.

Kuasa itu pula yang sudah diberikan kepada kita dan kepada keturunan kita kelak. Bahkan ketika kita mengaku percaya, kuasa itu, yaitu Roh Kudus sudah menjadi bagian kita dan menjadi jaminan bagi kita (Ef. 1:13-14). Hal ini menuntut kita untuk hidup dalam pimpinan Roh Kudus sebagai ciri dan bukti bahwa kita sudah menerima janji Allah, yaitu Kuasa Yang Mengubahkan. TUHAN memberkati.

Amourously Of Christ:
KeTUT MARDIASA

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungan dan dukungan anda. TUHAN Yesus memberkati. Semua Artikel dan Renungan yang ada di blog ini, boleh disalin/ dicopy tanpa ijin. Berikan Komentar dengan sopan dan dukung terus untuk kemuliaan nama TUHAN Yesus Juruselamat kita. Salam Dalam Kasih Kristus.

Contact Form

Name

Email *

Message *