(CDN115) "SAKSI SEJARAH"

Pembacaan Alkitab: Kis. 1:21-26

"Jadi harus ditambahkan kepada kami seorang dari mereka yang senantiasa datang berkumpul dengan kami selama Tuhan Yesus bersama- sama dengan kami, yaitu mulai dari baptisan Yohanes sampai hari Yesus terangkat ke sorga meninggalkan kami, untuk menjadi saksi dengan kami tentang kebangkitan- Nya.". (Kis. 1:21-22).

Seorang nenek sudah berusia 90an tahun bercerita dengan saya tentang sejarah bagaimana mulainya Injil diberitakan atau masuk ke Bali dan NTB. Walaupun suaranya sudah terbata-bata dan pendengarannya sudah tidak baik lagi, namun tidak mengurangi semangatnya untuk mengurai sejarah sejak lahirnya kekristenan di Bali hingga sekarang ini. Sampai-sampai hampir saya tidak percaya beliau dapat menyampaikan hal itu secara seksama. Berangkat dari sejarah yang begitu luar biasa, sampai hari ini ia tidak pernah melalaikan panggilannya untuk beribadah kepada TUHAN setiap hari Minggu di Gereja kami.

Pembacaan firman TUHAN hari ini memperlihatkan dua tokoh yang selama ini tidak pernah disebut di dalam Kitab Suci, namun mereka tercatat sebagai saksi sejarah yang setia mengawal perjalanan TUHAN Yesus beserta murid-muri-Nya. Mereka adalah Yusuf yang disebut Barsabas yang disebut juga Yustus dan Matias (Ay. 23). Mereka adalah saksi setia perjalanan dan pekerjaan TUHAN Yesus mulai dari Baptisan Yohanes sampai kepada masa di mana mereka setia menantikan penggenapan janji Bapa, yaitu pencurahan Roh Kudus (Ay. 21-22).

Sesuai dengan kehendak TUHAN, Matias terpilih untuk menggantikan jabatan Kerasulan yang ditinggalkan oleh Yudas Iskariot yang menghianati-Nya (Ay. 24-26). Tentu karena ia adalah seorang yang setia walaupun ia bukan bagian dari kedua belas murid Yesus. Ini menjadi pelajaran penting bagi kita yang hidup di zaman sekarang. Hanya orang setia yang dapat mengemban tugas dan tanggung jawab sebagai pelayan-pelayan TUHAN. Bersama Dia kita mengukir sejerah perjalanan iman.

Matias tidak meminta atau menawarkan diri untuk jabatan itu, tetapi rasul-rasul dengan penyerahan diri dalam doa dan permohonan, minta petunjuk TUHAN, TUHAN memilih Matias sesuai dengan Kriteria yang diusulkan, yaitu menjadi saksi sejarah perjalanan dan karya TUHAN Yesus.

Selanjutnya siapakah yang akan TUHAN pilih untuk menjadi saksi bagi Dia, dan mengemban tanggung jawab pelayanan? Hanya orang yang setia yang dapat menerima mandat itu. Siapakah dia? Jawabnya ada dalam hati kita masing-masing. TUHAN memberkati.

Amourously Of Christ:
KeTUT MARDIASA

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungan dan dukungan anda. TUHAN Yesus memberkati. Semua Artikel dan Renungan yang ada di blog ini, boleh disalin/ dicopy tanpa ijin. Berikan Komentar dengan sopan dan dukung terus untuk kemuliaan nama TUHAN Yesus Juruselamat kita. Salam Dalam Kasih Kristus.

Contact Form

Name

Email *

Message *