MENJADI PRIBADI YANG KUAT

Pembacaan Alkitab: Mazmur 125: 1-2


Pribadi yang kuat bukanlah pribadi yang memiliki segala sesuatu yang bisa diharapkan dan diandalkan atau menggantungkan seluruh kehidupannya kepada apa yang mereka miliki, melainkan sebagai efek dari sikap dan tindakan iman yang benar dalam menghadapi suatu keadaan. Sebesar apapun yang bisa kita harapkan pada apa yang bisa kita lihat di mana kita dapat mengantungkan seluruh kehidupan kita dalam menghadapi keadaan tidak akan memberikan jaminan bahwa kita akan tetap kuat. Dunia memaksa kita memfokuskan diri pada keadaan yang bisa kita lihat dan mengabaikan sisi yang lain, yang jauh lebih penting ketika kita menghadapi masalah persoalan, dan kesulitan, yaitu relasi dengan Tuhan. Di sinilah kunci untuk menjadi pribadi yang kuat. 


Firman Tuhan mengatakan bahwa; “orang-orang yang percaya kepada TUHAN adalah seperti gunung Sion yang tidak goyang, yang tetap untuk selama-lamanya.” (Ay. 1). Relasi dengan TUHAN adalah kepercayaan kepada-Nya sebagai Allah sumber kekuatan dan perlindungan kita.  Ia akan seperti gunung Sion yang tidak goyang. Gunung Sion menggambarkan keteguhan, kekokohan dan kekuatan. 


Dalam situasi yang sedang terjadi sekarang ini, di mana keadaan dapat melemahkan kita kapan saja sampai pada waktu yang belum dapat ditentukan, kita membutuhkan kekuatan untuk tetap bertahan baik untuk kehidupan secara jasmani (fisik) maupun kehidupan rohani kita yaitu dalam membangun relasi dengan TUHAN. Supaya kita menjadi pribadi yang kuat, Firman TUHAN mengajar kepada kita bahwa;


1.    Kita Harus Tetap Percaya Kepada TUHAN (Ay. 1).



Dalam hal ini jelas disampaikan di dalam ayat pertama, bagaimana kemudian orang-orang yang percaya kepada TUHAN menjadi kokoh, teguh dan kuat seperti gunung Sion. Iman atau kepercayaan kepada TUHAN menjadi sarana dan sebagai penyebab timbulnya kekuatan, yaitu kekuatan yang tidak tergoyahkan, kokoh seperti gunung sebagaimana gunung itu akan tetap ada dari mulanya sampai selama-lamanya, tidak akan bergeser dan berpindah kecuali perubahan yang diakibatkan aktivitas vulkanik yang ada di dalamnya.



Dalam kondisi sulit yang sedang dihadapi oleh dunia secara global, penting bagi kita sebagai umat Kristen untuk menambatkan iman kita kepada Allah yang benar sebab jika tidak, maka kita akan menjadi lemah oleh karena geloranya. Iman kepada Tuhan adalah hal yang sangat penting dalam situasi sekarang ini. Kita tidak bisa hanya bergantung dan mengandalkan apa yang dapat kita lihat dan kita miliki, karena semua itu akan habis dan satu-satunya yang akan masih tersisa adalah iman kepada Tuhan.



2.    Kita Harus Berlindung Kepada TUHAN (Ay. 2).



Pada bagian ini kita memperhatikan bahwa, orang-orang yang percaya kepada Tuhan adalah orang-orang yang senantiasa dilindungi oleh Tuhan, seperti Kota Yerusalem yang dikelilingi oleh gunung-gunung, demikianlah Tuhan melindungi umat-Nya sampai selama-lamanya. Ini adalah lanjutan dari sikap kita yang pertama yaitu percaya kepada Tuhan, dan sebagai akibatnya Tuhan akan melindungi kita. ini seperti sebuah pernajian TUHAN kepada umat-Nya, bahwa yang percaya kepada-Nya akan dilindungi.



Di sini dapat melihat bahwa Tuhan adalah pelindung kita, maka tidak perlu mencari tempat berlindung kepada yang lain saat dunia ini sedang berada dalam bahaya yang disebabkan oleh ulah manusia, bencana alam, maupun COVID-19 yang sedang mewabah. Ia harus menjadi tempat kita yang pertama mohon perlindungan. Namun 1: 7 mengatakan bahwa, “TUHAN itu baik, Ia adalah tempat pengungsian pada waktu kesesakan, Ia mengenal orang-orang yang berlindung kepada-Nya.”



Sikap kita yang benar dalam menghadapi masalah dan persoalan akan menjadikan kita sebagai pribadi-pribadi yang kuat. Oleh karena itu, mari kita selalu percaya kepada TUHAN dalam segala keadaan baik susah maupun senang. Mari kita jadikan TUHAN sebagai tempat perlindungan kita yang pertama dan seterusnya. Dunia dengan segala usahanya akan melemahkan kita, tetapi TUHAN adalah sumber kekuatan kita. Amin. TUHAN Yesus memberkati.

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungan dan dukungan anda. TUHAN Yesus memberkati. Semua Artikel dan Renungan yang ada di blog ini, boleh disalin/ dicopy tanpa ijin. Berikan Komentar dengan sopan dan dukung terus untuk kemuliaan nama TUHAN Yesus Juruselamat kita. Salam Dalam Kasih Kristus.

Contact Form

Name

Email *

Message *