KETIKA ANDA MERASA CEMAS DAN KUATIR


Banyak hal yang dapat menyebabkan orang merasa cemas dan kuatir. Cemas dan Kuatir adalah karakter manusia secara khusus pada waktu ia menghadapi masa-masa krisis dan ketidakpastian. Cemas dan kuatir menyebabkan seseorang merasa takut, tertekan, gelisah, bimbang dan ragu. Pemazmur berkata dalam Mazmur 43: 5, “Mengapa engkau tertekan, hai jiwaku, dan mengapa engkau gelisah di dalam diriku? Berharaplah kepada Allah! Sebab aku bersyukur lagi kepada-Nya, penolongku dan Allahku.” Penulis Mazmur sadar bahwa cemas dan kuatir bukanlah karakter orang yang percaya kepada TUHAN, ia bertanya kepada dirinya sendiri, Mengapa engkau tertekan, hai jiwaku, dan mengapa engkau gelisah di dalam diriku? Ia bangkit dari keadaannya itu dan memperkuat imannya kepada TUHAN sebagai Allah yang dapat menolongnya dari keterpurukan itu, ia berkata lagi, Berharaplah kepada Allah! Sebab aku bersyukur lagi kepada-Nya, penolongku dan Allahku.

Berharap kepada TUHAN sebagai sumber pertolongan kita adalah kekuatan yang membangkitkan kita supaya tidak tenggelam ke dalam  kecemasan dan kekuatiran yang dalam. Percayalah bahwa TUHAN yang memelihara tubuh, jiwa dan roh kita. Rasul Paulus berkata dalam Filipi 4:6-7, “Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apa pun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.

Kalau rasul Paulus mengatakan janganlah hendaknya kamu kuatir, rasul Petrus mengatakan, “Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu.” (1 Ptr. 5:7). Daud juga mengatakan hal yang sama, “Serahkanlah kuatirmu kepada TUHAN, maka Ia akan memelihara engkau. Tidak untuk selama-lamanya dibiarkannya orang benar itu goyah. (Mzm. 55:23).

Kecemasan dan kekuatiran akan membawa kita untuk tidak mempercayai pertolongan TUHAN, menempatkan diri jauh dari hadapan TUHAN dan akan semakin tenggelam ke dalam ketakutan, tetapi orang yang berharap kepada TUHAN, ia akan memperoleh kekuatan iman bahwa dalam segala sesuatu yang terjadi, percaya bahwa TUHAN adalah penolong dan pemelihara kita. Bangkitlah dan berharaplah kepada TUHAN. TUHAN Yesus memberkati.

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungan dan dukungan anda. TUHAN Yesus memberkati. Semua Artikel dan Renungan yang ada di blog ini, boleh disalin/ dicopy tanpa ijin. Berikan Komentar dengan sopan dan dukung terus untuk kemuliaan nama TUHAN Yesus Juruselamat kita. Salam Dalam Kasih Kristus.

Contact Form

Name

Email *

Message *