TANGGUNG JAWAB KRISTEN



Bacaan Alkitab: Matius 25:14-30

A.     PENDAHULUAN/ Introduction
Menjadi Kristen (orang percaya kepada Tuhan Yesus) adalah orang yang didelegasikan untuk menjadi duta-duta Kristus untuk menjalankan misi atau suatu tugas yang harus dilaksanakan dengan penuh hormat dan rasa tanggung jawab yang besar. Menjadi Kristen bukan hanya statusnya saja Kristen, tetapi ia harus berbuat untuk membuktikan bahwa dirinya adalah seorang Kristen. Menjadi Kristen bukan hanya sekedar percaya dan mengakui bahwa YESUS Kristus adalah TUHAN. Menjadi Kristen harus siap melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang TUHAN berikan kepada kita (Bdk. Mat. 7:21; Yoh. 14:12).

Matius 7:21 dan Yohanes 14:12 memberi gambaran kepada kita bahwa orang Kristen itu bukanlah hanya status tetapi memiliki tanggung jawab dan harus aktif dalam melakukan kehendak Allah. Menjadi Kristen tidak hanya sekedar datang ke gereja, duduk tenang, memuji TUHAN, dan mendengarkan Firman-Nya, tidak setelah pulang tidak berbuat apa-apa untuk mengaplikasikan apa yang sudah diterima dari TUHAN.

Dalam Matius 25:14-30, TUHAN YESUS memberikan gambaran yang sangat jelas tentang tanggung jawab kita sebagai orang Kristen, seperti seseorang yang mau bepergian ke luar negeri lalu ia mempercayakan atau mendelegasikan tugas dan tanggung jawabnya kepada hamba-hambanya. Setiap orang diberikan tugas sesuai dengan kemampuan masing-masing, ada 5 Talenta, ada 2 talenta dan 1 talenta (Ay. 15). Dan masing-masing juga akan dituntut pertanggujawaban ketika tuanya kembali (Ay. 19).

Demikianlah hidup kita sebagai orang Kristen, TUHAN mempercayakan kepada kita tanggung jawab masing-masing sesuai kapasitas dan kemampuan kita. TUHAN YESUS adalah tuan dari segala sesuatu yang kita kerjakan. Hal ini menuntut kita melakukannya dengan penuh tanggung jawab, sebagai wujud hormat dan pelayanan kita kepada TUHAN.

B.      IDE POKOK/ Sermon Content
Bagaimana kita bertanggungjawab? Inilah tanggung jawab kita sebagai orang Kristen di hadapan TUHAN:

1.      MENUNAIKAN TUGAS PELAYANAN KITA DENGAN BAIK (Ay. 14-23).
Tanggung jawab kita sebagai orang Kristen adalah tanggung jawab yang sangat mulia, sebab kita melakukan apa yang menjadi kehendak TUHAN dan bukan kehendak manusia. Kesadaran ini akan menolong dan memampukan kita dapat melakukan segala sesuatu dengan baik dan penuh hormat kepada TUHAN.

Orang yang diberikan masing-masing 5 dan 2 talenta tadi, menjalankan dengan baik sehingga memperoleh hasil yang baik pula. Mereka menjaga kepercayaan yang tuanya berikan kepada mereka, sehingga timbul kemauan atau keinginan yang besar dalam hati, bekerja keras untuk mewujudkan tujuannya dan memperoleh hasil yang baik.

Mereka yang telah menerima tanggung jawab dari tuannya, setelah tuannya pergi, mereka tidak berpikir untuk bekerja sesuai dengan kemauan mereka sendiri, tetapi mereka tahu apa maksud tuanya mempercayakan tugas dan tanggung jawab kepada mereka. Mereka bekerja dengan baik walaupun tanpa kontrol tuannya, tetapi kesadaran akan tanggung jawabnya yang mengontrol dirinya sendiri sehingga dapat melakukan tugas dengan baik. Dan ketika tuanya kembali, mereka menerima pujian “baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang setia” dan mereka turut merasakan kebahagiaan tuanya “masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu” (Ay. 21, 23).

TUHAN mempercayakan kepada kita masing-masing tugas pelayanan sesuai dengan kesanggupan kita, Ia mau supaya kita melakukannya dengan baik sebagai bentuk tanggung jawab kita sebagai orang Kristen. TUHAN tidak menuntut apa yang tidak bisa kita lakukan, Ia hanya mau memakai kita untuk melakukan apa yang bisa kita lakukan sesuai dengan kesanggupan yang Ia berikan kepada kita. Lakukanlah dengan baik tanggung jawab kita dan dengarkan pujian dari TUHAN “baik sekali perbuatanmu, hai hambaku yang setia” dan turutlah menikmati kebahagiaan TUHAN “masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu”. Jangan buat TUHAN menangis karena kelalaian kita menjalankan tugas dan tanggung jawab kita.

2.      SETIA DALAM PERKARA-PERKARA KECIL (Ay. 21,23).
Setia dalam perkara-perkara kecil adalah awal dari tanggung jawab besar yang akan TUHAN berikan kepada kita. Kita tidak akan pernah mampu melakukan tanggung jawab yang besar kalau kita tidak pernah belajar untuk melakukan hal-hal yang kecil. Sesuatu yang besar itu adalah mulai dari yang terkecil, artinya kalau tidak ada yang kecil tidak mungkin ada yang besar, kecuali TUHAN sendiri yang melakukannya.

Kita dapat belajar dari sesuatu yang sederhana untuk memahami hal-hal yang besar dan sulit terpahami. Perkara-perkara kecil adalah rumus sederhada untuk memahami perkara-perkara yang besar. Tanggung jawab yang kecil adalah cara sederhana untuk memulai dan melaksanakan tanggung jawab yang besar.

Perhatikan hamba yang hanya menerima satu talenta, mungkinkah ia menuntut hal yang sama seperti hamba yang lain sehingga terlalu banyak alasan untuk lari dari tanggung jawab? (Ay. 24-25), ia dengan sengaja melalaikan tugasnya, mengabaikan talenta yang tuanya berikan sehingga tidak menghasilkan apa-apa. Ia bukannya tidak mampu, tetapi tidak mau melakukan, sehingga tuannya katakan, berikan saja kepada orang-orang yang mau menjalankan talenta itu, ambil semua apa yang ada padanya (Ay. 27-28). Lalu tuannya murka kepadanya, dan dipandang sebagai orang yang tidak berguna (Ay. 30), jahat dan malas (Ay. 26).

Kita sering menuntut hal-hal yang besar, yang belum tentu kita bisa lakukan. Kalau TUHAN memberikan tanggung jawab pelayanan kepada kita, entah apapun bentuknya mari kita lakukan dengan penuh tanggung jawab. Belajarlah dari rumus sederhana untuk memperoleh pengertian yang besar. Lakukan dan setialah dalam tanggung jawab yang kecil untuk suatu tugas yang besar.

C.      KESIMPULAN/ Conclusion
Menjadi Kristen dituntut sebuah tanggung jawab yang besar. TUHAN menciptakan manusia dan menempatkan di tengah-tengah dunia dengan maksud dan tujuan untuk menjalankan misi-Nya. Ia mengaruniakan alat yaitu talenta sesuai dengan kesanggupan kita yang harus kita pergunakan dengan baik untuk sarana pelayanan memuliakan TUHAN, dan setia dalam perkara-perkara yang kecil untuk tugas besar yang akan TUHAN berikan.

D.     APLIKASI/ Aplication
Sebagai orang Kristen, mari kita sadari tanggung jawab kita. Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk TUHAN dan pekerjaan-Nya. Jangan pernah mengabaikan kepercayaan yang TUHAN berikan kepada kita dan jangan pernah menggampangkan sesaga sesuatu sekalipun itu nampak mudah untuk kita lakukan. Hal ini akan membuat kita tidak bertanggung jawab.

Mari kita ambil bagian dalam pelayanan, lakukan yang terbaik untuk TUHAN, setialah dalam perkara-perkara yang kecil untuk mencapai dan meraih tujuan yang besar. Tanggung jawab kita akan mengontrol apa yang kita lakukan untuk menghasilkan yang terbaik bagi kemuliaan nama TUHAN. TUHAN YESUS memberkati. (KTM)

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungan dan dukungan anda. TUHAN Yesus memberkati. Semua Artikel dan Renungan yang ada di blog ini, boleh disalin/ dicopy tanpa ijin. Berikan Komentar dengan sopan dan dukung terus untuk kemuliaan nama TUHAN Yesus Juruselamat kita. Salam Dalam Kasih Kristus.

Contact Form

Name

Email *

Message *